Toko Buku Djawa Braga (Bandung Express 2014 Part 4)

Tuesday, March 10, 2015

Sebenernya bro besok gua ada kelas pagi sampe sore, tapi gua sempetin ngetik post ini karena gua udah seminggu ga update blog. Payah banget nih gua sekarang ini uda sibuk kuliah lagi (padahal tugasnya belom ada apa-apanya karena baru minggu-minggu pertama) jadi ga bisa update kayak kemaren yang tiap 3 hari sekali ada post baru. Mana laptop juga baru bener lagi, tapi Adobe Series gua ilang semua sama Sony Vegas Pro-nya, jadi ga belom bisa kerja lagi pake nih laptop. -___-"

Kembali lagi ke kelanjutan kisah yang research trip ke Bandung kemaren, sampe mana yah? Oh iya, kalo yang belom ngikutin bisa baca di part 1, part 2 dan part 3.


Jadi kelanjutannya...
Abis selese nongki di Kopi Oey, kita mau jalan kaki lagi sampe ujung Jalan Braga sambil liat-liat, kira-kira ada apa lagi ga yah yang bisa kita kunjungin terus kita foto sama cari datanya buat riset tugas. Ya udah deh lanjut jalan kaki sampe ke ujung Jalan Braga gitu, terus Cahyadi ngeluarin list dia tentang Jalan Braga dan akhirnya dia nyebut sebuah toko buku legendaris gitu.

Ya udah deh kita jalan kaki ke situ, sampai singkat cerita, kita sampelah di depan toko buku yang dimaksud.


Toko Buku Djawa?



Toko Buku Djawa
Berasa masuk mesin waktu pas mampir ke sini, di luar sama di dalamnya toko buku ini jadul semua cuy, berasa masih lawas banget karena hampir ga ada sentuhan modernnya di sini, kayaknya toko buku ini ga pernah diutak-atik deh dari awal berdiri. Nih toko buku sih ketauan banget yang punya pasti orang Tionghoa sama kayak gua, soalnya di pojok-pojok lemari dikasih patung kucing hoki LOL.

Ga cuma jualan majalah-majalah baru, majalah-majalah lama juga dijual di sini. Dan yang paling keliatan sih toko buku ini juga punya peta gulungan sama atlas banyak banget. Iye, peta gulungan yang gede itu loh yang biasa suka dipajang di dinding kelas anak SD. Terus kalo diliat-liat, harga-harga buku di sini juga lumayan murah-murah. Makin ditelusurin ke rak-rak belakang, ternyata banyak buku lawas yang ga pernah keliatan di toko buku besar yang ada di mall-mall gitu, jadi kalo kayak mahasiswa nyari buku langka nan jadul... nah nih tempat cocok banget dah.


Di salah satu sudut di toko buku ini, anyway gua suka deh sama foto ini.

Nah, di situ ada satu mbak-mbak yang bakal ngelayanin kita kalau mau cari buku apa gitu-gitu, sedangkan di kasirnya sih ada oma-oma gitu. Karena dalam rangka riset gitu jadinya kita sih rencana awalnya mau nanya si omanya. Terus jadinya "pedekate" dulu deh sama si mbak-nya.

Kita : Mbak, ini toko buku berdiri dari taun berapa yah?
Mbak : Oh saya mah kurang tau, saya baru dua bulan kerja di sini. Coba tanya si Nyonya aja nanti dia yang tau.
Kita : Oh oke... Tapi boleh kan yah Mbak foto-foto di sini?
Mbak : Oh boleh kok.... soalnya di sini sering ada yang buat foto-foto juga.

Kita : Oh kalo gitu kita foto-foto yah Mbak.
Mbak : Iya.. silakan, tapi jangan foto Nyonya yah. Soalnya Nyonya ga pernah mau difoto. 


Waduh. -____-



Banyak buku-buku lawas.


Oke, jadinya gua ga berani ngarahin moncong lensa ke arah kasir. Terus kita coba langsung pedekate ke si Oma yang di kasir.

Gue : Oma... di sini toko bukunya berdirinya dari kapan?
Oma : Udah dari lama... *lalu hening*

Gue : Mmm... bukanya dari tiap hari yah?
Oma : Iya... tiap hari... *lalu hening lagi*

Gue : .....
Oma : ......

Gue : *tiba-tiba kehabisan pertanyaan basa-basi*
Oma : .......

Gue : Oma....
Oma : *Oma tetap hening*


.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
OMAAAAAAAAAA.... :')



Waduh, kok hening mulu, nyerah ah nanya si Oma jadinya, ga enak hati. -_____-
Ya udah deh akhirnya kita beli buku gitu di situ karena uda mondar-mandi kayak setrikaan tapi masa ga beli buku dia. Akhirnya riset di Toko Buku Djawa nyerah duluan karena keburu ga enak hati sama si Oma, mau belagak wawancara tapi jadinya "garing", sedangkan Oma ga mau difoto kata si Mbak.

Hmm, kayaknya kalo gua tetep nekat ngambil foto dia, gua bisa dilempar buku kali sama dia. #lalubawapulangbukunya #gakmaurugi #chinabanget #abaikan



Sampe bingung kan mau pilih yang mana?


Kesimpulan

  • Mungkin cari buku langka di sini, atau majalah bekas? Coba cari di sini, semua masi diplastikin rapi gitu loh.
  • Biar kata jadul, banyak mahasiswa suka cari buku referensi buat nugas.
  • Hmm, jangan foto si Oma yah yang di kasir.
  • Anyway, penasaran sih.. ada yang berhasil foto sama Oma?



Capcus ke mana lagi yah abis ini?



Toko Buku Djawa
Jl. Braga No. 79
 Bandung

T : +62 22 426 07 10
Hours: Mon - Sun 09.00 - 21.00

Wi-fi : NO
Credit Card : NO



TWITTER @ARSubrata | INSTAGRAM : @ARSubrata

You Might Also Like

1 comment(s)

  1. Hai ! :) ,,, ini pertama kunjungan saya ke blog Anda, artikel ini yang sudah saya baca dan cukup memberi inspirasi dan wawasan, terimakasih atas postingannya dan ditunggu update-an berikutnya :)

    Oiya saya dari www.campaign.com sebuah platform kompetisi dimana banyak sekali hadiahnya kalo kamu mau mampir dan mencoba peruntungan untuk hadiahnya silahkan aja, buruan yaa soalnya banyak hadiahnyaaa :D

    www.campaign.com

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram