Sekilas Jajan di Pinggir Jalan Bandung (Bandung Express 2014 Part 5)

Thursday, March 12, 2015

Okeh, fokus. Gua lagi mencoba membayar utang-utang post di blog gua yang lumayan mulai ga keurus. Dari wacana mau ganti layout blog (ini super wacana dari 2 tahun lalu HAHA) sampe mau rajin-rajin posting kayak dulu... eh ternyata wacana tetaplah wacana. Minggu-minggu depan ini soalnya udah makin sibuk tugasnya uda numpuk. Jadi selagi bisa, gua mau nulis ah.

Yang belom ngikutin seri gua ke Bandung untuk riset tugas kuliah, bisa dibaca di part 1, part 2 dan part 3, dan part 4.


Jadi, kemaren ceritanya sampe di mana?
Jadi setelah kita kemaren ke Toko Buku Djawa, dan ga bisa wawancara lebih lanjut karena ga enak kepoin si Oma, akhirnya kita mencoba muterin keluar dari Jalan Braga. Yah ke mana aja, abis ternyata Jalan Braga jalan kaki sedikit udah abis kok sampe ujung.

Kenapa kita ga pake mobil? Nah kan kalo ga tau ketauan deh ga baca part sebelumnya! Baca dulu gih.

Kita sih ke sana bukan dalam rangka wisata kuliner atau apa yah, kalau tujuan utamanya wisata kuliner sih kita pasti udah mondar-mandir di kafe-kafe di sepanjang Jalan Braga aja. Cuma karena kalau kafe pun di sana uda pada bagus-bagus jadi ga bisa diredesain buat tugas. Agak bingung sih sebenernya mau ke mana lagi, udah jalan kaki ke Jalan Asia Afrika aja, kebetulan ngeliat Museum Konferensi Asia Afrika, EHHH TUTUP! Udah kesorean sih. -___-

Cahyadi : Duh, ke mana lagi yah aku bingung Jalan Braga banyak yang ga cocok untuk diredesain?
Gue : Di catetan lu ada apa lagi ga kira-kira?
Cahyadi : Sebenernya sih aku masi penasaran soal toko roti legendaris di Jalan Braga katanya, udah berdiri dari jaman Belanda gitu, namanya aja masih nama Belanda.

Nah, tapi sepanjang jalan kaki ada beberapa toko roti jadul sih, keren loh ada daya tarik tersendiri ajah, cuma kita ga yakin ajah karena namanya aja bukan nama Belanda, kayak di catetan Cahyadi.

Sepanjang jalan kaki akhirnya gua coba motret-motret aja deh. Lumayan stok foto jadi banyak buat yang di-upload ke Instagram HAHAHAH!


Jalan Braga?


Anyway, gua suka banget sama Jalan Braga, karena banyak kuliner di sepanjang jalan. Terus masih mempertahankan arsitektur Belanda gitu, jadi berasa masuk mesin waktu. Sayangnya jadi kontras aja gara-gara udah banyak motor sama mobil gitu macet banget bro pas sore. Terus pas kita lagi jalan di situ, trotoar semua dibongkar gitu buat bikin saluran air, jadi jalannya kudu hati-hati kalo ga nyeblos ke lobang bisa-bisa. Bener-bener suasana Paris van Java deh di sini.



Bandung kota kembang.


Bandung punya keramaian.

Bandung punya billboard.

Bandung punya Wendy's, anjrot uda lama woy liat Wendy's.


Bandung kota kembang..... banyak bunga-bunga....


Bandung punya Suki.

Bandung punya gedung lama.

Bandung punya Museum Konperensi Asia Afrika.

Bandung punya tiang bendera.

Bandung punya perempatan.


Sekilas jajan
Kita sampe bingung mau ke mana lagi, abis kayak giliran kita nemu bangunan-bangunan yang seru buat dimasukin, kayak bioskop tua jaman Belanda, atau Museum KAA.. eh tutup! Gua sampe galau waktu itu, minta rekomendasi tempat di grup LINE Zomato Indo dan anak-anak pada rekomen chat si PeGe (waktu itu masih belagak alim, jadi manggilnya "Kak Gilang" sampah ye gue). Yah secara kan dia orang Bandung, jadi dia kasi saran beberapa tempat asik kayak misalnya Pasar Ular lah, lunch di Two Hands Full lah, sampe Monster Burger.


Nah kan giliran jalan kaki lewat Monster Burger, tempatnya tutup...
Di situ saya merasa sedih. TT^TT





Karena capek, akhirnya kita duduk ngemper persis di seberang Museum KAA yang ada tiang benderanya berjejer. Di situ ada abang tahu gejrot sama abang es kelapa jualan di situ, kelaperan, akhirnya kita duduk ajah gitu di trotoar jajan. Jaman kapan yah terakhir gua duduk di trotoar makan jajanan? Susah yah anak kota begini ckck, soalnya jaman SD ajah gua selalu jajan bersih cuy jarang banget jajan pinggir jalan, kagak dilarang sih sama nyokap, tapi gua dari kecil udah belagak "eat clean" aja HEHEHEH.


Tahu Gejrot.


Nah, jajan es kelapa ini nih....
Kan haus tuh, air minum di tas udah mulai abis. Terus pas banget tuh, makannya tahu gejrot, terus minumnya es kelapa, gerobaknya sebelah-sebelahan, komplit deh sambil duduk aja gitu di trotoar.

Terus pas kita lagi ngaso di trotoar, ada seorang bule backpacker yang lumayan ganteng jajan es kelapa. Kita sih cewe-cewe yang kegerahan ini sambil makan sedikit-sedikit bole lah curi-curi pandang liatin si bule, bikin adem HAHA! Sampe anak-anak situ aja yang juga lagi nongki makan tahu gejrot (dan mereka bawa DSLR juga loh) sampe terang-terangan foto-fotoin si bule.

Ternyata, si bule berusaha menawar es kelapa yang dia minum, tapi agak aneh karena kenapa kita beli satu gelas harganya Rp 15 ribu, dia nawarnya sadis bener.

Bule : Nooo... lee-ma ree-boo... *maksudnya "lima ribu", sambil nunjukin angka lima pake tangan*

Sempet mikir, tu bule nawar kira-kira juga dong, hmm tapi ya sudahlah... ga diperhatiin lagi akhirnya tu bule bayar berapa jadinya. Kita udah asik nyeruput es kelapa aja lah ga mau pusing, udah diseruput ya udah gelasnya taro trotoar aja di samping kita duduk.


Es Kelapa.


Akhirnya, karena hari udah semakin sore, Novi nanyain...
Novi : Eh uda pada mau jalan ga? Uda sore nih, ke mana yuk gitu.
Kita : Ya udah yuk.

Kita : Bang, ini gelasnya taro mana?
Abang : Oh ya udah taro di situ aja? *maksudnya di atas trotoar*
Kita : Makasih ya Bang. *bangun dari trotoar, terus siap-siap berangkat jalan*



Baru juga gua bangun dari trotoar, terus ngelangkah maju...
Ga taunya muncullah sound effect....
PRAANGGG!!!!!

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.




Pas detik pertama, kedua dan ketiga, gua masih belom ngeh itu kenapa? 
Oke, detik keempat, gua baru nyadar....
 GUA NENDANG GELAS BEKAS MINUM TADI GA SENGAJA SAMPE PECAH!!!!!





Gue : Oh syit men! *cengok*
Cindy : Ya ampun 'Bi, seperti biasa. -___-
Abang : Udah Neng gapapa nanti saya yang beresin aja. *tapi mukanya santai bener*

Jadi ga enak hati sama si Abang, baek banget bok. :')
Abang..... maap yah gelasnya saya pecahin.





Tapi semua rasa ga enak hati itu berubah, sejak Novi berspekulasi lebih jauh di tengah jalan.
Novi : Eh lu tadi pada nyadar ga sih, kenapa si bule tadi nawar es kelapa harganya lima ribu?
Cindy : Nggak, emangnya kenapa Nov'?
Novi : Tadi kayaknya anak-anak yang makan tahu gejrot juga mesen es kelapa, dan mereka beli harganya juga lima ribu gitu.

Gue : Lah berarti kita dimahalin dong, beli es kelapa sampe satu gelas Rp 15.000? -____-
Novi : IYAAAA!!!! Makanya tadi bulenya liat gitu terus dia juga dimahalin, makanya dia nawar goceng sambil nunjuk anak-anak tadi.


Novi : Tapi untung lu ga sengaja nendang gelas abangnya 'Bi sampe pecah. Kalo gitu dia kena karma gara-gara mahalin kelapa kita, mau untung eh.. duitnya malah jadi buat beli gelas baru deh.
Cindy : Eh iya juga yah 'Bi, tau gitu lu tendang aja semua gelas kita sampe pecah semua, nah itu baru seru tuh!
Caca : HAHAHAHAHAHAHAHAHHHH!!!!!!
Gue : Kampret abangnya kena karma. :')


Lanjut jalan tapi ga tau arah mau ke mana lagi
Udah males cari tempat buat riset, terus kita juga ga nginep dan cuma pulang hari (karena besoknya ada presentasi), uda lepek ga jelas. Sambil jalan di trotoar Jalan Braga lagi sambil ngehindarin lobang, kita lama-lama bisa ngelantur.

Novi : Eh mau nongkrong aja gitu? Di mana ini namanya? Sugar High?
Cindy : Nop', ini namanya "Sugar Rush", bukan "Sugar High."
Novi : Oh iye... aduh salah. -_____-


Ini yang dimaksud Novi "Sugar High".


Sementara itu, Cahyadi masi berkutat dan penasaran sama toko roti yang udah berdiri dari jaman Belanda yang ada di Jalan Braga berdasarkan catatan doi. Gua juga lupa sih namanya apa yang dia tulis di catetan karena nemu di internet itu, karena namanya susah dibaca.

Cahyadi : Tunggu dulu dong, aku masi penasaran nih sama toko roti Belanda.
Gue : Tapi tadi kita udah bolak-balik dari ujung ke ujung ga ada toko roti yang namanya kayak di catetan elu Cay'.
Cahyadi : Hmm iya sih aku juga bingung, ini toko roti seberang kita gede banget dari jaman dulu punya... tapi kok namanya ga Belanda yah? Aku kurang yakin yang ini,

*jalan sedikit lagi*
Gue : Apa jangan-jangan maksudnya yang ini Cay'? Toko rotinya juga klasik banget.
Cahyadi : Hmmm tapi kayaknya juga bukan yang ini.
Cindy : Lah, dari tadi kita udah jalan dari ujung ke ujung tapi toko roti kan cuma yang ini sama yang tadi. -____-

Cahyadi : Hmmm iya sih.... tapi.....
Novi : MANA AH CAY' DARI TADI TOKO ROTINYA GA KETEMU, UDAH TUTUP KALI!!!!!
Gue : Iya kayaknya, mungkin udah tutup kali.

Cahyadi : Tapi aku sih liat di internet, artikelnya masih lumayan baru kok.
Novi : Tapi dari tadi ga ketemu Cay'.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.


Novi : JANGAN-JANGAN TOKO ROTINYA UDAH JADI LEGENDA, MAKANYA LU GA NEMU-NEMU!!!
Cindy : BUAHAHAHAHAHAHAHHHHHHH!!!!!
Gue : Anjrit dikira Legenda Tangkuban Perahu!!!!!



Novi : Atau jangan-jangan...... TOKO ROTINYA SELAMA INI CUMA MITOS CAY'!
Cahyadi : IHIHIHIHIHIHIHIHHHHHH toko rotinya mitos! *ketawa ala Cahyadi*
Caca : Anjir mitos! Ya kali Nop' BUAHAHAHAAHAHAHAHA!


Jeho : Ga sekalian Nop', toko rotinya selama ini cuma fabel? 
Gue : Omaigat... toko rotinya fabel. :'''''''''')



Kota Bandung mau makan kita hidup-hidup. *udah keabisan caption*
Novi somse cuma mau hadap punggung fotonya.



Ini adalah tanda-tanda kita sudah butuh asupan gizi (baca : makan besar) biar semangat sampe nanti dijemput rombongan dari Dago. Kira-kira, kita ke mana lagi yah? Tunggu post selanjutnya yah. ;)



TWITTER @ARSubrata | INSTAGRAM : @ARSubrata

You Might Also Like

2 comment(s)

  1. Tulisannya menarik banget nih gak bosen bacanya. Kayanya seru travelling sama orang-orang yang rame kaya mereka haha (sampe ngakak bacanya) Banyak banget dapet pengalaman dari nendang gelas sampe legenda toko roti ya hahaha :D
    Kalo ke Jogja mungkin lebih banyak pengalaman (kerusuhan) lagi ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah jadi kepikiran pengen travelling ke jogja, makasi ya uda baca blogku.

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram