Take A Walk To Borobudur + Malioboro (Live In Merapi 2010 Part 7)

Wednesday, September 24, 2014

Cerita sebelumnya
(Previous stories)

Bisa dilihat di part 1part 2part 3part 4part 5 dan part 6.
Kita semua dipindahin ke rumah retret, karena rencana live in berantakan semua gara-gara hujan abu dan batu sehingga kita semua musti dievakuasi. Akhirnya hari ini kita semua pulang sesuai jadwal, turun dari Gunung Merapi buat jalan-jalan di Jogja dulu terus pulang deh.

You can read it on part 1part 2part 3part 4part 5 dan part 6.
We moved from the church to retreat house, as ash and stone raining was falling and forced us to be evacuated. As in schedule, we went back to Jakarta at day 4. Before touched down to Jakarta, we would visit Jogja.


Pagi hari
(In the morning)


Hari itu gue mandi dan keringan pake baju bekas lagi *sedih abis*, abis itu ada misa, ada sarapan sama foto bareng. Abis itu langsung masukin barang ke bis dan akhirnya cabut ke Jogja! Sebelumnya sisa barang ketinggalan udah dianterin, termasuk celana + handuk gue hore!

I took a bath and used a tee I wore at the day before as towel *sigh*. Later, a mass held before we went back to Jakarta, then we had a breakfast and took photos together. We loaded our luggages to the buses and went to Jogja! The missed things in homestay parents' houses were already delivered to us, included my trouser and my towel. :')


Dika, Dody + Agus.

Mike + Jeremy. Bosen nungguin misa.
-
Bored of waiting the mass.

Afgan, Rere, KS, KC, Rein, Justin. Mukanya bosen semua.
-
Bored to the max.

Ryan + Afgan. Main ajalah misanya lama.
-
Playing together while waiting the mass.

Pak Johan pimpin misa.
-
Mr. Johan conducted the mass.


Borobudur, kita datang!
(Borobudur, we're coming!)


Abis selese misa, kita semua naik bus buat pergi pulang. Tapi sebelumnya, kita sekalian jalan-jalan ke Candi Borobudur dulu. Ga lama sih akhirnya kita sampe juga di Candi Borobudur, langsung disamperin tukang jualan suvenir waaaaaaaah repot deh, mereka gencar banget jualannya sampe masuk-masuk bis segala, apalagi Tika tuh kena musti cepetan kabur pake jurus ninja LOL. Pertamanya di sono kita sih keliling pake tour guide, tapi lama-lama misah sendiri buat foto-foto hahah! Selanjutnya, biarkan foto berbicara.

First, we went to Borobudur Temple, it didn't took a long time to go to there from the retreat house. The first thing we saw were the enthusiastic souvenir sellers, offered keychains and other else to us, even while the bus was still parking. The sellers even entered the buses to offer you their things, so you have to be patient to decline them. Well, at the first time we walked there we were guided, but later we walked by ourselves to take pictures. So, let the pictures talk.



Salah satu candi kecil yang ada di deket Borobudur.
-
One of the small temple near Borobudur.

Tiket masuk.
-
The entrance ticket.

Ubi, Tika, KS, Chelle, KC.

KC, Gaby, Onel, Ubi.

Fanie, KS, Tika, Ubi, Josh, Rayna, Tata.

Borobudur dari kejauhan.
-
Borobudur from afar.

Ayo masuk!
-
Let's go!

Heh, Mike lu ngapain di sono?
-
Mike, what were you doing there?

Selfie dulu.
-
But first, let's take a selfie.

KS si manusia photobomb.
-
KS, the photobomb man.

Di depan Borobudur.
-
In front of Borobudur.

Relief Borobudur.
-
The reliefs.

John Vincent.

Ubi, Acit, Fanie, Tika, KS, Albert "Gigi", Josh, Agus.

Jalan menyusuri lorong yang ada.
-
Walking in the aisle.

Willy + Albi.

Jeremy + Nicks.

Seneng bisa ke Borobudur.
-
So happy to be in Borobudur.

Borobudur gede banget coy!!!!
-
Borobudur is so big!

Salah satu foto favorit gue.
-
My kinda favorite photo.


Abis keliling candi, langsung misah lagi ke rombongan yang beda buat belanja, di situ gue belanja rok sama tas. Waktu itu gue langsung norak, sebagai anak yang jarang sekali belanja sendiri, gue pegang duit banyak, terus banyak barang yang bisa ditawar, gue mulai kalap. Pertamanya gue ga tau standar harga di situ berapa.
Kalo ada barang kemahalan, dan ga tau gimana nawarnya, tenang aja.. Rombongan gue ada PAK BRAM! MUAHAHAHA! Tas 50 ribu ditawar sama dia 25 ribu. Wong Jogja dia. Pas di tempat makan siang, pada banyak yang beli macem-macem + aneh-aneh. Misalnya si Nicco beli busur + panahnya panjang banget, katanya buat pajangan di rumah.

After seeing around the temple, we shopped with the other in shopping section in Borobudur. At the first time I shopped there I didn't know the standart of price there, so if I wanted a thing there and I couldn't bargain it easily, I just asked Mr. Bram (my math teacher) to bargain it. He easily bargained a bag priced Rp 50.000 to Rp 25.000. Well said, he came from Jogja, so if you can speak Javanese it makes you easier to bargain things as you will be expected as the local people there, and even they tell you the opening price very cheap. 


Ke Malioboro
(At Malioboro)


Abis itu 1 jam kemudian ke Malioboro, kita dikasih waktu 2 jam buat belanja di Malioboro. Sampai di sono, bakalan banyak abang-abang becak yang nawarin elu buat naik becaknya dia keliling kota, dan bakalan banyak pedagang yang bakal nawarin barang dagangan mereka. Malioboro sendiri adalah salah satu jalan terkenal di Yogyakarta, di mana banyak sekali pedagang-pedagang di jalan Malioboro.

An hour later, we went to Malioboro, and we had two hours to explore and shop in Malioboro. The first thing you will see there are the rickshaw pullers who will ask you to use their service to explore the city, and the sellers who will offer their goods. Malioboro is a famous road in Yogyakarta, so many sellers along the roadsides.


Nama Malioboro sendiri berasal dari kata Sansekerta "Malyabhara" yang artinya kira-kira "jalan Raja dengan penuh untaian bunga" (malya = untaian bunga). Malioboro merupakan jalan garis imajiner Keraton Yogyakarta yang membentang dari utara ke selatan, dan dari dulu jalan ini suka dipake untuk penyambutan tamu penting dan acara-acara penting lainnya, misalnya arak-arakan pernikahan keraton.

Name of Malioboro came from Sanskrit word "Malyabhara" which means more or less "The King's road which fulfilled of chain of flowers". It is a road of imaginary line of Yogyakarta Palace which stretches from north to south, this road is one of the three main famous roads in Yogyakarta, usually it's used for welcoming the VIP guests and other important occasions, such as royal wedding parade.



Pak Sukris.


Siap-siap belanja!
-
Ready to shop!


Salah satu pertokoan di pinggir jalan Malioboro
-
The shops in Mailioboro.


Gue waktu itu belanjanya berempat bareng Gaby, Tika + Mei. Yang pinter nawar di sini si Gaby, kita beli baju barong kembaran deh. Wah udah kalap beli gelang beli kalung *maap namanya juga cewe*. Tapi pas gue udah kepikiran udah beli semuanya, gue jadi ga mau nambah lagi mau beli apaan. Ga kepikiran.

I shopped there together with Gaby, Tika and Mei. The one who good at bairganing was Gaby, she could bargain at the lowest price we could get, me and her could buy the same barong tees with the good price. We were concentrating to buy the things there, so cheap lah if you compare with Jakarta's standard price.


Yak untungnya kita bukan bule bok. Kalo lo orang asing, pasti harganya diketok lebih mahal. Waktu itu ada bule mau beli wayang buka harganya dari Rp 75.000, ga tau sih aslinya berapa, tapi pasti jauh lebih murah.

If you are foreigners, the sellers will give you the very expensive price. I saw a foreigner bought wayang (shadow puppet from leather) and the seller opened the price started from Rp 75.000, and later I saw domestic tourist bought a wayang to and the seller opened the price started from Rp 50.000. It would be wise if you asked your local friend to bargain things if you wanna save some money, and it would be better if your local friend can speak Javanese. I didn't really care about saving money tightly there, because they just earn some money for living. ;)


Sampai udah sekitar jam setengah 6, kita papasan sama (sebut saja) Bunga. Dia bawa kantong plastik belanjaan buanyak banget! Dan ternyata kita nyesel, tau gitu belanjanya bareng Bunga. Soalnya dia nawarnya sadis! Kita beli gelang 15 ribu dapet 2 sama dia 10 ribu dapet 4 *sadis abis!*. Sampe akhirnya dia bantuin kita nawar. Si Gaby mau beli tas kulit vintage dibuka harga 175 ribu, bisa dapet sama Fanie dengan gilanya dapet 60 ribu.

About 5.30 PM, we met a friend, just call her Bunga, she brought a plastic bag with full of goods. We regret no to shop together with her, she was super good in bargaining prices. We bought 2 bracelets for Rp 15.000 and she got the four same bracelets like us just for Rp 10.000. We saw how smart she was, she helped Gaby to buy a vintage leather bag and the price offered first was Rp 175.000, and Bunga got the fixed price just for Rp 60.000!


Tapi pas dia mau nawar gelang buat si Mei malah diusir, gara-gara yang jual sama-sama ngotot. :p

But when she helped Mei to buy some bracelets, the seller became angry as Bunga was so insistent to bargain the price LOL!

Akhirnya udah pegel-pegel belanja jam 6 balik lagi ke bis, dengan hasil belanjaan-belanjaannya. PUAS!
We were so exhausted, 6 PM we went back to the bus with our goods. SUPER SATISFIED!



Mike + Fanie.


JoChris + KC. Lelaki belanja.
-
Shopping boys.


Dan malem itu ga serame malem pas berangkat. Semuanya langsung tepar + diem-diem. Gue sih duduk sendiri jadi tidurnya bisa enak. Cuma pas kebangun pengen pipis leher gue salah posisi jadi pegel banget. Terus pas pipis di bis, itu SUSAH ABIS! Pipis aja bisa 10 menit kali di bis. Waaaahhhh! Akhirnya lanjut tidur lagi sampe pagi.

At the night, the bus was so silent, not like at the first time we went to Muntilan. Felt so easy to sleep at that night, but I felt pain in my neck as my sleeping position was wrong when I gotta go to the restroom. The first time I use bus' restroom, was sooooo hard. You know, the bus shaking everytime and it wasn't comfortable lah, I took 10 minutes only to take a pee. Then, I slept again until morning.



Sampai jumpa di post selanjutnya!
-
See you on the next post!


Photo credit : Grace + Tika.


Taman Wisata Candi Borobudur
Jl. Badrawati, Borobudur
Magelang, Central Java 56553
Indonesia

T : +62 293 788 266

You Might Also Like

0 comment(s)

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram