I Was Finally Evacuated! (Live In Merapi 2010 Part 5)

Sunday, September 14, 2014

Cerita sebelumnya....
(The previous story)

Bisa diliat di part 1, part 2, part 3, dan part 4.
Karena Gunung Merapi udah meletus padahal kita di sana belom ada 12 jam, acara live-in berubah jadi acara pengungsian. Semua anak yang tinggal di desa-desa di ring 3 semuanya turun dan ngungsi Gubug Selo Merapi. Tapi... pada kenyataannya, sampe terakhir gua dan 11 anak lainnya belum diungsiin, padahal semuanya uda turun ke Desa Juwono.

You can see it at part 1, part 2, part 3, and part 4.
Mount Merapi erupted before we arrived there for 12 hours, so the homestaying program was ruined and became an evacuation program. The participants who homestayed at ring 3 villages had to go downhill and prepared themselves to be evacuated in Gubug Selo Merapi. But in fact, until the last minutes, me and 11 other students weren't evacuated when the others had been evacuated first to Juwono Village.


Resah abis-abisan...
(Worried so much)

Anak-anak dari kloter sebelumnya ada YP sama Albi, terakhir mereka yang pergi ikut mobil tapi udah sekitar 1 jam mereka ga balik-balik. Kok lama banget? Barang-barang kita sih mereka yang ngambilin tapi kok ga balik-balik.

The boys, YP and Albi, they went uphill by car to take our luggages at homestay parents' house, but they didn't come back for so long time, about 1 hour.


Akhirnyaaaa yang ditunggu-tunggu dateng juga, mereka balik pake mobil yang penuh debu, terus mereka semua dah ngambilin tas kita, mereka lama karena mereka ambilin tas-tas ke rumah-rumah induk-induk semang satu-satu. Yak, tapi sayangnya, barang-barang yang ga ditaruh tas ga keambil, jadi yang kurang sekarang cuma celana jeans item gua sama handuk gua.

Finally they came back by a dusty car, brought our luggages. But unfortunately, stuffs which I didn't put in my bag weren't brought by them, they were my towel and my black jeans.


Yang cewe, disuruh ikut naik mobil Kijang warna emas yang dikendarain sama Romo Kirjito, ditemenin Mam' Yo. Kalo yang cowo disuruh naik mobil pick-up, dan mereka teduhan pake terpal karena hujan abu waktu itu udah bercampur sama gerimis. Akhirnya kita 11 anak terakhir diungsiin juga ke Desa Juwono yang letaknya 20 kilometer dari Puncak Merapi, keluar dari ring 4.

The girls were picked up downhill by golden Kijang Capsule car which was driven by Ps. Kirjito, accompanied with Ms. Yo. The boys went downhill by pick-up car, protecting themselves from ash raining mixed with raindrops with tarpaulin. We, the last 11 students, were finally evacuated to Juwono Village which located 20 kilometres from top of Mount Merapi.



Mobilnya Romo Kirjito.
-
Ps. Kirjito's car.



Romo Kirjito waktu itu pake baju awam sih, jadinya sempet ga ngenalin itu Romo kalo Mam' Yo ga manggil dia gitu. Dia bapak-bapak umur 40-50-an, cuma pake topi, rambutnya sebahu keriting. Di mobil dia ngobrol sama Mam' Yo.

Ps. Kirjito wasn't wearing his pastoral uniform at that time, so I didn't have any mind if he was a pastor until Ms. Yo called him with "Pastor". He was a 40s or 50s curly haired man with a cap. In the car, he was talking to Ms. Yo...


Romo : Ga nyangka ya toh kalo ternyata Merapi erupsi juga, tapi sejauh ini sih dari dulu selalu aman ngadain acara seperti ini, ndak pernah sedang meletus. Cuma satu-satunya kali ini. Tadi ANTARA News tulis berita tentang hari ini, saya suruh masukkan Sekolah *SENSOR HAHA* juga sedang mengadakan Live-In di sini, satu-satunya.

Pastor : I didn't think if Merapi would erupt on these days, compared with my experience holding the homestay program for years. This is the only one, the first time Merapi erupts while homestaying. I told ANTARA News (Indonesia's national news agency) to write down the story of today, that this high school is holding a homestaying program, the only one.



Mam' Yo dan Romo Kirjito.



Setelah lama di mobil....
(After a long time in the car)


Lewatin jalan berbatu-batu dan minim penerangan, lewat semak-semak rumput lah lah, jalan kecil banget, jembatan kayu kecil, dan medan-medan lainnya, sekitar 45 menit kemudian akhirnya terlihat di kejauhan sebuah gereja Katolik yang lumayan besar. Kata Romo kita udah sampe di Desa Juwono, di situ udah banyak temen-temen gua tumpah ruah di situ. Gua sih pertamanya minta minum di dapur gereja, abis haus. Terus habis haus, mau pipis. Eh kampret, giliran mau pake keran air, tiba-tiba keran air bisa nyetop sendiri. Bikin kaget.

...Passing through the rocky road and no lighting (except the car's lamps), passing the savanas, bushes, small path, a simple wooden bridge, and the other hurdles, finally around 45 minutes later we saw from afar a quiet big Catholic church. Pastor said we finally arrived at Juwono Village, I saw many of my friends there. The first thing I did was asking some water at church's kitchen, I was so thirsty. After that I went to toilet, and I still remember that the water tap stopped while I used it, and it really shocked me. Just little bit frightened, it was an old church, and... yah if you know what I mean. :')


Udah gitu, di dalem gereja, semua kursi kan disingkirin ke pinggir, jadinya cuma ada karpet doang di sana. Disuruh cari tempat masing-masing buat tidur, yak silakan dibayangkan. Semuanya udah kayak ikan teri masuk toples terus dipepes, bergeletakan semua di lantai. Gua sendiri tidur pake bantal dari tas gua, pake jaket, terus tidur deh. Sedih banget asli malem itu, pas semua disuruh tidur lampu semua dimatiin, gua dan temen-temen harus berbagi tempat, satu aula gereja buat 80 anak lebih belom sama guru-guru.

Inside the church, all the benches were moved to the edge of the room, left only carpets in the hall, and all of us were told to sleep on the carpets. So you can imagine, everybody was sleeping on the carpets. I slept with using my gym bag as pillow and jacket as my blanket. It was super sad if I remember that moment, we had to share a hall for 80 students and teachers to sleep at that night.


Jadi malemnya langsung tidur aja lah, dan berharap besok hari semuanya lebih baik lagi. *tidur*

So I just closed my eyes, when the light was turned off, hoped everything would be alright in the next day.


Keesokan paginya....
(The next morning)


Ternyata pagi-pagi bangun banyak cerita-cerita ngakak tentang temen-temen gua pas lagi tidur, salah satunya Bambang (sebut saja begitu, nama disamarkan demi masa depannya), ini ceritanya yang paling heboh soalnya.

There was a super funny gossip when I was awake at that morning. Just call one of my friend Bambang (not the real name), there was a funny story about him.


Jadi, pas lagi malem, di saat semua orang tidur, ada beberapa temen gua yang ga bisa tidur dan akhirnya malah kebangun. Terus temen gua itu ngeliat si Bambang tiba-tiba bangkit dari tempat dia tidur, terus jalan sedikit ga jauh dari tempat dia tidur, tapi matanya masih merem. Oke, jadi dia jalan sambil tidur, doi ngigau.

So, at the night, when all of students were sleeping, some of my friends couldn't sleep at that time and awake all night. One of them saw Bambang suddenly stood up from the place he was sleeping, walked some steps beside his place, but with closed eyes. Well, Bambang was sleepwalking.


Temen gua : *masi ngeliatin Bambang, ngapain tu anak?*
Bambang : *buka kaos tapi sambil merem*
Temen gua : *bingung, kenapa ni anak buka kaos?*

My friend : *still looking at Bambang, what he would do?*
Bambang : *took off his cloth but still with closed eyes*
My friend : *confused, why he took off his cloth?*


Bambang : *buka celana luaran tapi sambil merem*
Temen gua : EH ANJIR BAMBANG LU NGAPAIN???? *panik*
Bambang : *sambil merem, doi jongkok gitu, terus malah belagak mandi sirem-sirem pake gayung tapi masi merem*

Bambang : *took off his pants too, still with closed eyes*
My friend : OH SH*T BAMBANG WTF ARE YOU DOING????? *panic*
Bambang : *with closed eyes, he squated, and made gesture like he was taking a bath with scoop water LOL!!!!*


SI BAMBANG MALAH NGIGAU LAGI MANDI TAPI DI AULA BUAHAHAHAHAH TAPI SAMBIL TIDUR. Aduh somplak deh pokoknya gua sama temen-temen gua ngakak guling-guling denger ceritanya, untung dia kagak copot kolor pas lagi ngigau coba. :')))

BAMBANG WAS SLEEPWALKING AND MADE GESTURE LIKE HE WAS TAKING A BATH IN THE HALL ROTFL. I laughed so hard with my friends when I heard that story, luckily he didn't took off his underwear, eh? :')


Dan kampretnya, temen-temen gua yang tadinya ga tidur itu malah ngerjain temen-temen gua yang lain, misalnya kayak fotoin temen-temen gua yang tidur, taruh bolpen (secara horisontal kok jadi ga kesedak) ke bibirnya lagi nganga merekah gitu, yang paling kampret sih yang kayak gambar di bawah ini nih.....

The most sh*t thing was, my friends who were awake all night made funny things with the sleeping ones, like taking some pictures of sleeping friends, putting a pen on my friend's mouth, and the most epic one is..... like the picture below I redraw for you. :')

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.



Temen gua bahkan ada yang masukin kertas mulutnya pas lagi tidur coba. :')
-
My friend got his mouth inserted a roll of paper when sleeping. :')



Duh kok post yang kali ini malah jadi random yah? Yah pokoknya ceritanya begitu deh..... intinya lu siap-siap dikerjain sama anak-anak yang ga tidur di sono, hoki-hokian hahahah. Gua bakalan lanjutin cerita selanjutnya di post berikutnya, hmmm ato mau gua terbitin review makanan dulu? *galau*


Ergh, I think this post is super random compared with previous posts before LOL. Well, I will continue the story at the next post, or maybe I'll post a food review first? *confused*

You Might Also Like

0 comment(s)

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram