Surprise From Merapi (Live In Merapi 2010 Part 3)

Friday, September 05, 2014

Cerita sebelumnya....
(The previous story)

Rombongan SMA gua yang ikut live-in di daerah Muntilan akhirnya sampai juga. Tiap anak mulai menginap dengan satu rekan di rumah induk semang yang sama, dan kita bisa mulai bantuin induk semang kerja atau jalan-jalan di sekitar desa dan ngintip rumah temen-temen lainnya di desa. Setelah asik jalan-jalan, akhirnya gua, Cella, Tika dan Intan istirahat di rumah induk semang gua sampe sore....

Me and my high school friends finally arrived at Muntilan for homestaying. Each student got a partner, went homestaying, and student could help their homestay parent or take a walk in villages. After that, me, Cella, Tika and Intan stayed at my homestay house until afternoon.


Cerita sebelumnya bisa diliat di part 1 dan part 2.
You can read the part 1 and part 2 by clicking the links.



Rasanya ga sabar pengen bantuin induk semang besok pagi di sawah, kayak Afgan + Rein.
-
Can't wait for helping the homestay parent at rice field, like Afgan + Rein.


Malam hari di hari pertama live-in
(First night of homestay)


Pas Maghrib, Tika dan Intan pamitan sama kita buat balik ke rumah induk semang mereka buat bantuin siap-siapin makanan buat pertemuan malam nanti di sana. Oke deh, akhirnya cuma ada gua sama Cella doang di rumah, kita udah disuruh makan dulu sama Ibu.

Around 6 PM, Tika and Intan left us as they would help their homestay parent to prepare the foods for that night's meeting. Well, there were only me and Cella at the house, eating our dinner.



Mandi sore, kamar mandinya lumayan enak, kalo dibanding ke rumah Tika sama Intan. Kamar mandinya udah diplester semen dan bersih. Ga ngebayang deh gimana kalo dapet kamar mandi kayak temen-temen gua yang lain. Kalo macem Grace lagi mandi tiba-tiba bisa nongol ayam. Ada yang kamar mandinya terpisah dari rumah, terus ga ada lampu dan sampingnya kandang kebo. Ada lagi yang kamar mandinya juga terpisah dari rumah, tapi kalo mau boker ga ada kakus, jadinya langsung nyemplung ke kolam lele. Percayalah, ini beneran nyata. Gua bersyukur dapet kamar mandi enak kayak gini di desa. :'''''')

Took a bath at afternoon, and I was so grateful I got a clean and comfortable bathroom. Could you imagine if you get bathrooms like my friend, Grace, who was taking a bath and got a chicken in front of you? My friend got his bathroom separated from the house's main buliding, another got no lamp and located beside byre, and the worst one was no toilet and it was just a cubicle with hole at the floor and ta-raaaa, you would see catfish pond. So, I was super grateful at that time. :')


Ngebayangin musti boker di alam terbuka itu.....
-
Just wondering to have your toilet in open place.



Malem itu, kita makan malemnya sama kayak makan siang kita. Ternyata Ibu ga masak lagi, dan untung kita sisain lauk makan siang kita, sayur sama telur dadar, enak sih.

At that night, we had ouwhich the menu was as same as our lunch, my homestay parent didn't cook for the dinner. Lucky we didn't eat all of our lunch at that time.


Gue : Cella, lu masi laper ga?
Cella : Nggak sih, tapi ga gitu kenyang.
Gue : Eh btw gua bawa ramyeon loh! Lu mau ga?
Cella : Eh boleh banget, masak yuk.

Me : Cella, still hungry?
Cella : Not really.
Me : Btw I brought ramyeons (korean noodle), you want?
Cella : Of course, let's cook.


Gua ngeluarin ramyeon instan kesukaan gua dari tas, gua bawa beberapa bungkus sih dari Jakarta NYEHEHEHE yah kalo-kalo gua ga doyan sama makanan sono, si Hendra aja bawa kornet kalengan coba. Gua sama Cella ngerebus ramyeon sambil ngegosip buahahaha.

I brought some instant ramyeons from Jakarta, in case I didn't like food at the village LOL. Some of my friends did what I did, like Hendra, he brought corned beef. So me and Cella cooking ramyeons and gossipping LOL.


Dan kayaknya di luar udah mau ujan, langit udah mulai gelap, udah jam 7 malem. Ini kurang enak apa coba, makan ramyeon sama temen baek sepanci buat berdua, terus udah mulai ada rintik-rintik ujan ngenain atap gitu. Udah abis makan ini, kita harus ke rumah Tika dan Intan, buat refleksi malam di sana rame-rame dan nongki-nongki together hehehe.

It was dark outside, almost 7 PM at that time, and I thought the rain was ready to fall. So nice to find yourself eating the shared ramyeon with your best friend, and raindrops started fall on the roof. After finished eating, we had to be in Tika and Intan's homestay house, for the nights reflection together with friends and the homestay parents at the same village.


Gerimis semakin menjadi...
(The drizzle increased)

Selese makan, kita berdua cuci piring deh, terus gua gosok gigi. Rintik ujan sih pertama biasa aja, lagi sikat gigi dan kumuran, lama-lama rintik ujannya menjadi sedang. Terus, di atas atap, tiba-tiba ada suara seperti "BOOMMM!!!", kayak ada sesuatu yang keras nimpa atap rumah.

Finished the dinner, we wash our dishes, and I brushed my teeth. The drizzle at the first time was normal, and then while I was gargling after brushing teeth, I heard sound like "BOOOOMMM!!!!", like something hard falling on the house's roof.


Ini kayak ada sesuatu di atap rumah, tapi kita ga tau apaan. Tiba-tiba di atas atap rumah bunyi kerasnya makin menjadi-jadi, "TUK TUK TUK TUK TUK TUK"! Bunyinya nggak beraturan, tapi makin lama makin keras. Gua langsung cepetin acara gosok gigi gua.

I noticed something happened, but we didn't have any idea what it was. Suddenly, on the roof, the sound became like something was dropping, the sound had no rythm, and then it became harder and harder, I quickly finished brushing teeth.


Oke, ini bukan rintik hujan men. Ini ada sesuatu yang ga beres.
Gue : Cel', itu apa yah?
Cella : Nggak tau 'Bi.

Okay, it wasn't raindrops. Something happened.
Me : Cel', what's that?
Cella : I didn't know.


Gua dan Cella berusaha mengabaikan bunyi yang ga jelas itu, kita berdua masuk ke kamar. Terus baru nyadar, loh kok kamar kita jadi berdebu begini? Padahal tadinya nggak. Makin lama bunyi di atap rumah makin menjadi, loh kok malah jadi serem gua takut aja tiba-tiba atap rumah roboh gitu, suaranya abis ga enak banget.

Me and Cella tried to ignore that sound, we entered our room. We noticed something, why our room became so dusty? Meanwhile, the sound became harder and faster, I was little bit scared if the roof would collapsed.


Cella : Eh ini kenapa? Apa kita musti panggil si Ibu?
Gue : Ibu.... Ibu....... Ibu..... *mulai resah*

Cella : What's wrong? Should we call Ibu?
Me : Ibu.... Ibu..... Ibu.... *little bit worried*


Gua ga tau rumah ada orang apa nggak, dari tadi cuma ada kita berdua. Kayaknya sih si Ibu Suliah di kamar, tapi ga enak kalo mau ngetok, kalo-kalo dia lagi enak tidur. Anaknya si Rio sama Sekar juga ga ada lagi. Kita-kita bener-bener ga tau mau ngapain.

I didn't know whether there was someone in the house or not, I just know that were only me and Cella. I thought Ibu Suliah was in her room, but I hesitated to knock her room, in case she was sleeping. We didn't see Rio or Sekar, and we didn't know what to do.


Kita panggil-panggil si Ibu, sekali lagi, dia sama sekali ga nyahut.
Sekali lagi, bunyi-bunyi di atap rumah makin menjadi-jadi, kayak ada yang gedor-gedor di atas, "DOK DOK DOK DOK DOK DOK DOK!!!!" dengan intensitas dan ritme yang ga beraturan. Serem banget ga sih lu di rumah orang cuma berdua tiba-tiba denger bunyi gitu?

We called Ibu once again, but she didn't answer us.
Once again, the sound was became intense, like someone was knocking the roof, "KNOCK KNOCK KNOCK KNOCK KNOCK!!!" with the irregular rythm and intensity. Is it so scared, that you and your friend were only the people in the house and you hear something like that?


Gue : Si Ibu ke mana yah?
Cella : Iya yah, kok dia dari tadi dipanggilin ga nyaut?

Me : Where is Ibu?
Cella : Why she didn't answer us?


Gua buka pintu rumah, mau ngintip siapa tau Ibu Suliah ada di mana gitu.
Tiba-tiba gua baru nyadar sesuatu. Tapi bingung musti ngapain, harusnya kita udah ngesot ke rumah Tika sama Intan, jadinya gua pikir kita mau ke sana aja bareng Oshin sama Chelle di rumah sebelah.

I opened door's house, peeping if I would find Ibu Suliah.
And then I noticed something. But I didn't know what to do, in fact the schedule of us was going to Tika and Intan's homestay house with Olvin and Chelle at the house beside ours.


Cella : Lu bawa apa aja 'Bi?
Gue : Hmmm paling yang penting aja, hape, dompet, kamera, payung sama senter.
Cella : Oh oke gue juga bawa payung.

Cella : What will you bring?
Me : Mmm, I think I just bring my phone, wallet, camera, umbrella and flashlight.
Cella : Okay, I bring my umbrella too.


Gue : Cel', kayaknya kita musti beres-beres Cel'. *ngomong sama Cella yang ada di dalam kamar*
Cella : 'Bi, lu liat ini deh 'Bi!

Me : Cel', I think we should pack our things. *talking to Cella inside our room*
Cella : 'Bi, you should see this!


Gua nengok ke atas......
Rumah Ibu Suliah tuh atapnya-atapnya tinggi gitu sekitar 5 meter, tapi ga plafonnya, jadi kita bisa ngeliat rangka atap sama atapnya secara langsung. Gua bisa liat ada pasir-pasir halus mulai masuk dari sela-sela atap. Oke gua baru nyadar rumahnya kok jadi serem yah, anjir untung gua ga liat yang aneh-aneh pas lagi disuruh nengok ke atas.

I looked up.....
Ibu Suliah's house has high roof (about 5 metres), but there was no ceiling, so we could see roof truss and the roof itself. I saw soft sands started fall from the roof sidelines. Well, why the situation became so horrible? 


Cella : Tuh kan 'Bi, liat deh ada abu di tangan gua jatoh. *malah buka payung di atas kasur*
Gue : Errr, iya sih Cel', tapi lu ngapain payungan di dalem kamar segala. :'))))
Cella : Eh' Bi... liat dulu... payung gua juga bunyi "TIK TIK TIK TIK TIK"! *malah cengok dulu lagi di kasur*

Cella : Look at this, this ash was falling to my hand. *sitting on bed and opened her umbrella*
Me : Ergh, but why you opened your umbrella inside our room? :'''')
Cella : 'Bi, look! The ash is dropping on my umbrella! 



Oke, kalian mau tau ternyata malem itu ada apa?
Jangan kaget yah semua....

Okay, you must be curious what was happening at that night.
So, don't be shocked to know what happened...


.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

Ternyata di luar lagi hujan abu sama hujan batu!
It was ash and stone raining outside!!!!



Akhirnya kita pergi ke rumah Oshin + Chelle...
(Went to Oshin + Chelle's house)


Kan rumahnya ada di sebelah rumahnya Ibu Suliah tuh. Gua sama Cella ketemu mereka berdua, dan suruh mereka coba bawa barang-barang berharga aja. Kita sih berharap rencana live-in tetep berjalan kayak yang seharusnya, pergi ke rumahnya Tika bareng induk semang masing-masing. Jadinya kita cuma nungguin berangkat bareng induk semang di ruang tamunya abangnya Ibu Suliah.

Their homestay house was beside ours. Me and Cella met them, and said to them that they had to bring their important things. We hoped the homestay program would run as it should be, so we would go Tika's house with our own homestay parents. We just waited our homestay parents at Ibu Suliah's brother's living room.


Hmm, sempet ngintip kamarnya mereka berdua sih, ternyata jauh lebih gede kamar gua sama Cella. Kamar mereka kecil sekatnya, langsung ada kasur di atas lantai gitu buat berdua.

Actually I was peeping at Olvin + Chelle's room, my room was still bigger than theirs. Their room was small, the wall was made from wood partition, and the bed was just laid on the floor for them.


Antara mulai bosen kok ga jalan-jalan, sama sedikit resah sih, ini kok hujan abu sama hujan batu ga nyetop-nyetop. Ada abangnya Ibu Suliah (selanjutnya akan gua sebut "Bapak") yang nemenin kita di ruang tamu, dan dia nyetel tivi kecil yang ditaruh di atas lemari.

We were just so bored why we didn't go to Tika's, and little bit worried, why the ash and stone raining didn't stop. Ibu Suliah's brother (later I will mention him with "Bapak", it is honorific for a man in Bahasa Indonesia) was accompanying us at that time and he turned off the small television on the cupboard.


Yang disetel adalah TV berita, yang langsung nyiarin berita tentang Merapi. Jadi kira-kira hujan batu dan abu yang ada di depan sekarang ini adalah erupsi pertama di tahun 2010, dan erupsi terjadi dari sekitar sore lalu. Kita sih pas sore ga nyadar ada erupsi dari sore, karena di Muntilan ini yah hujan batu mulainya sekitar jam 7 malam.

He watched TV news which reporting the news about Merapi. So, the ash and stone raining outside us now was the first eruption of Merapi in 2010, and it started since the evening. We didn't notice the eruption as it happened in Muntilan at 7 PM.


Bapak : Jangan terlalu percaya Nak sama berita, kami di sini sudah biasa tiap beberapa taun sekali seperti ini. Kami yang lebih tahu Merapi itu seperti apa. Mereka hanya mencari rating, biar banyak yang nonton.

Bapak : Don't trust the news 100%, we're in here get used to with this every few years. We know Merapi more than them. They just increasing the TV rating, so people will watch them.


Entah kita musti percaya sama siapa, si Bapak ngomong gini buat tenangin kita atau bukan kita juga ga tau. Tapi waktu itu kita percaya aja sama si Bapak. Gua mau liat ke atas ke arah gunung pun juga percuma, semuanya gelap, karena material abu semuanya mengambang di langit.

I don't know who we had to believe, I thought Bapak just saying that for making us calm but I didn't know... so, we just believed him. I wanted to see at the top of the mountain, but it was useless. Everything was so dark, because the ash material was floating in sky.


Dan ternyata, status Merapi kemarennya udah naik setingkat lagi dari "siaga" jadi "awas", terus sekarang udah meletus deh. :')

And I just knew, Merapi alert level increased at that time from alert level 2 became alert level 1, and at that time it just exploded! :')




Berita yang (mungkin) waktu itu kita lagi nonton, tanggal 26 Oktober 2010
The news at that time, October 26, 2010



Tiba-tiba, kita kedatangan tamu...
(We got a guest!)


Pas lagi nonton TV rame-rame, tiba-tiba datang satu orang ngetuk pintu, pas dateng ada yang bilang, "Permisi, selamat malam". Dan kita semua nengok ke belakang.

Meanwhile, someone knocked the door, "Excuse me, good evening". And we looked at the door.


Kaget bukan main! Tiba-tiba dateng orang pake ikat kepala, baju bergaris-garis vertikal item putih, dan pake kain sarung bawa buntalan. Well, doi bukan salesman kok yang dateng ke rumah-rumah buat jualan....

SHOCKED!!!!! The guest came with some headscarf, black and white vertical striped shirt, wearing sarong and carrying some bundle. Well, he was not a salesman which came house to house for selling.....


Oke cukup, gua tau gua jayus, anyway..... malem itu kita kedatengan dukun.
Ini apaan weh Merapi lagi meletus gini tiba-tiba nongol dukun?

Enough, I know I'm so cheesy, anyway.... we had a shaman came to house at that night!
What happened!? Merapi was exploding and then there was a shaman!


Hmm kenapa dukun selalu seragamnya begini yah? Doi persis pake baju kayak gini.
-
Dukun, the Malay traditional shaman. The shaman was wearing clothes like this.



Mbah Yoso : Malam Pak. Bapak siapa? *tiba-tiba nongol*
Dukun : Perkenalkan, perkenalkan.... *salim Mbah Yoso*

Mbah Yoso : Good evening, Sir. Who are you?
Shaman : Let me introduce myself.... *did salim to Mbah Yoso*


Dukun : Wah ada gadis-gadis ini, perkenalkan... *salam satu-satu*
Akhirnya gua, Cella, Chelle dan Olvin salaman sama dia satu-satu. Pengalaman pertama kali weh salaman sama dukun, widih cincin batu akiknya banyak bener lagi, kalo digosok satu keluar apa yah huhuhu.

Shaman : Girls, let me introduce myself... *shaking hand*
Finally, me, Cella, Chelle and Olvin shaked our hands with him. My first experience of shaking hand with shaman! Wow the agate rings on his hand was so many, just wondering if there was anything came out from his ring if I cleaned them up LOL.


Dukun : Saya berasal dari Banten, saya kemarin mendapat wangsit bahwa Gunung Merapi bakal meletus. Jadi saya langsung berangkat dari Banten, lalu jalan kaki sampai ke sini. Toh, benar hari ini yang dikatakan wangsit, Gunung Merapi sudah meletus malam ini.

Shaman : I came from Banten Province, I got a revelation yesterday if Mount Merapi will explode. So I was in hurry to go here from Banten, and walking until I got myself here. Well, the revelation was right, Mount Merapi has exploded tonight.



WEH INI APAAN WEEEEH?????
Kayak di dalem sinetron aja? Selama ini gua cuma tau dan nontonin dukun dari TV doang, dan sekarang ada dukun nongol di depan gua, pas Gunung Merapi meletus lagi!

WHAT'S JUST HAPPENING NOW????????
It's like in soap opera!!!! I just watched the shamans from TV, and there was shaman at that time in front of me, at the time Mount Merapi was exploded!!!!!



Gua dan temen-temen sih bingung bukan kepalang loh kejebak situasi kayak gitu.....
Gimana kelanjutan ceritanya? Tunggu post selanjutnya yah, karena terlalu panjang kalo dilanjutin di sini.

Me and friends was super confused to be trapped in that horrible situation.....
What's next? Wait for the next post, this was too long if I continue it here.



Photo credit : Gaby + here

You Might Also Like

0 comment(s)

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram