Alternative Schedule In Merapi After Messed Up (Live In Merapi 2010 Part 6)

Wednesday, September 17, 2014

Cerita sebelumnya....
(The previous story)


Bisa diliat di part 1, part 2, part 3, part 4, dan part 5.
Setelah akhirnya berhasil diungsikan dari Desa Kajangkoso yang jaraknya cuma 8 kilometer dari Puncak Merapi ke Desa Juwono yang jaraknya 20 kilometer dari Puncak Merapi, angkatan gua semuanya pada tidur ngemper di gereja yang ada di Desa Juwono, sekarang kita udah kayak ga punya apa-apa, cuma gereja doang tempat berlindung kita malam itu di saat Gunung Merapi meletus tanggal 26 Oktober 2010.

You can see it at part 1, part 2, part 3, part 4 and part 5.
After we were evacuated from Kajangkosa Village (which located 8 kilometres from top of Mount Merapi) to Juwono Village (which located 20 kilometres from top of Mount Merapi), me and my friends slept in a church in Juwono Village at that night. We just had nothing, only church itself as our shelter at that night, when Mount Merapi erupted at October 26, 2010.


Bangun pagi-pagi...
Kita disuruh bawa barang dan pindah ke rumah retret, naik angkot rame-rame, terus pas udah sampe naik ke lantai 2 terus dipisah antara ruangan cewe dan ruangan cowo. Oke, gua baru ngeh kalo kita ada di Gereja St. Fransiskus Asisi Muntilan.

We were told to bring our luggages as we would stay at retreat house with angkot (mini van). When we arrived there, we went upstairs to put the luggages, the boys and girls room were separated. Well, I just knew at that time that we were in Church St. Fransiskus Asisi (Francis Assisi) Muntilan.


Pagi-pagi semuanya udah pada gantian mandi dan abis itu main, terus semuaya udah pada disuruh mandi. WEH GUA GA PUNYA HANDUK WEH! HANDUKNYA KETINGGALAN DI DESA SONO! Akhirnya gua mandi, dan airnya dingin bangeeetttt, pas keramas jadi agak susah ngambil napas saking dinginnya. Gua keringannya pake kaos bekas tidur karena ga ada anduk. =____=

Students took a bath in the morning, and I HAD NO TOWEL AS I MISSED IT IN MY HOMESTAY PARENT'S HOUSE! I took a bath and couldn't breath easily as the water was so cold, I used my tee which I wore to be a towel. =___=


Muka seneng, abis pada mandi.
-
After took a bath.


Tas semuanya uda ga beraturan di sini.
-
Bags were everywhere.


Main kartu di antara ruangan cewe sama ruangan cowo.
-
Playing cards beetween girls room and boys room.


Aldo abis mandi, tiba-tiba sampingnya ada si KS manusia photobomb.
-
Aldo, after took a bath, and got KS the photobomb man beside him.


Mau makan.
-
Before lunch.


Pas siang
(In afternoon)


Makin siang, karena semua rencana berantakan, jadi hari itu kita di biara udah ga ada rencana apa-apa dan ga bisa ngapa-ngapain. Bosennya luar binasa, sampe gua sampe sempet tidur siang sekitar 2 jem, abis bangun bosen lagi. Hiburan satu-satunya di kamar cewe cuma main kartu UNO, eh udah gitu ada penyusup ternyata di kamar cewe!

We did nothing, and we didn't know what to do as all of the schedule was messed up. Super duper bored to death, I took a nap to spend the time, and still bored when I woke up. The one and only entertainment in girls room was UNO playing card, and we had a sneaker inside the girls room.



Keadaan kamar cewe.
-
The girls room's situation.


Gara-gara penyusupnya ribut, si Mam' Yo langsung nengok ke kamar cewe.
Mam' Yo : LOH KOK ADA ONEL?! *kaget ada lekong di sarang perawan*
Onel : Eh si Mam' hehehe. Mam' mau ikutan main UNO gak Mam'?
Mam' Yo : YEEEHHH kamu keluar mainnya! Main kok di kamar cewe???? =____=

The sneaker talked so loud, so Ms. Yo looked inside the girls room.
Ms. Yo : ONEL WHAT ARE YOU DOING HERE???
Onel : Hey Miss! Do you wanna join us playing UNO?
Ms. Yo : You should play outside! Why are you playing inside girls room?



Onel si wakil ketua OSIS.
-
Onel, the vice chairman of high school executive student board


"Hai Mam'! Mau main UNO?"
-
Hi Miss! Wanna play UNO?


Saking ga ada kerjaannya, Onel aja akhirnya main sama anak cewe coba wakakaka. Bahkan si Onel sempet ngebet berguru Tari Saman sama si Tika, gara-gara Tika ikut ekskul Tari Saman di sekolah. Btw Onel tuh udah jago loh nari Saman-nya padahal ga ikutan ekskul, abis dia ga di kelas ga di kantin kalo ga ada kerjaan malah nari Saman.

Onel was so bored until death, so he decided to play with the girls LOL. Even Onel asked Tika to teach him dancing Saman (traditional dance from Aceh Province), as Tika joined Saman Dance extracurricular in school. Anyway, Onel can do Saman Dance anywhere and anytime if he has nothing to do in school LOL. :P



Tari Saman bersama Tika.
-
Dancing Saman with Tika.



Sore hari
(In the evening)


Sorenya, kita jalan-jalan di komplek makam di deket gereja (Belanda : Kerkhof  = taman gereja), di mana di kompleks makam itu ada makam Romo Sanjaya. Romo Sanjaya ini dulu pastur yang hidup di jaman kemerdekaan dan mati martir di Muntilan (biografinya bisa diklik di sini). Beliau ini adalah satu-satunya Beato (calon Santo / orang suci) dari Indonesia.

We had a walk in graveyard near retreat house, and there's a famous pastor who is buried there named Ps. Sanjaya. He lived in independence era and known as a native martyr (you can see his biography here). He is one and the only pastor in Indonesia who has been awarded "Beato" title and made him the only prospective saint from Indonesia.



Ikon salib "Tertium Millenium"
-
Cross icon "Tertium Millenium".


Deven, YP. John, Bima, Jimmy, Pras, Christo, Rendy, Sergio, Harry.


Di dalam bangunan Kerkhoff, yang isinya batu marmer bertuliskan nama, tanggal lahir dan meninggal
para romo yang dikubur di Kerkhoff., kebanyakan dari Ordo Projo.
-
Inside Kerkhof building, there are lot of marble stones written with name, date of birth and death
of pastors who are buried there. Most of them are from Jesuit Order.


Abis itu gara-gara dibilang malem itu makannya masi lama, padahal gua uda laper, gua sama temen-temen lainnya makan bakwan malang di depan sekolah Van Lith Muntilan. Gile, makanan di situ uda enak murah banget lagi, cukup dengan Rp 3.000 aja makan bisa sampe kenyang!

So starving at that time but teacher said we couldn't have any dinner yet, so me and friend ate bakwan malang which located in front of Van Lith School. The bakwan was so yummy and delicious, just for only Rp 3.000 / portion! It's so damn cheap lah if you compare it with Jakarta's standart price, when bakso is about Rp 10.000 / portion.



Jalanan di depan Sekolah Van Lith.
-
The street in front of Van Lith School.


Bakwan malang!


Jadi inget kata-kata si Eban + Josh di jemputan, sebelum berangkat live-in.
Eban : Lu tau ga? Harusnya kemaren KH traktiran ulang taun di Muntilan aja, cukup bawa Rp 50.000 aja!
Joshua : Iye tu, makannya bisa nambah sampe muntah-muntah kali! "Ayooo, tambah terus sampe muntahhh!"

Just kinda remember what Eban and Josh said before going homestay.
Eban : Eh, KH could celebrate his birthday and pay our lunch in Muntilan with only Rp 50.000!
Joshua : You know, we could eat more and more until we puke everywhere LOL.



Jejen + Grace, sibuk makan, tapi emang enak si bakwannya.
-
Eating bakwan, and can't be disturbed LOL.


Di situ uda ga terlalu banyak debu karena abis ujan, cuma yah debu masi nempel di mana-mana, apalagi pas mau minum teh botol ternyata sedotan isinya debu semua. Yah sudahlah, yang penting nikmati pemandangan sambil makan bakwan malang panas, dan foto-foto. Mumpung semua anak dikasi masker gratis mendingan dipake buat foto-foto, sekalian nutupin muka aib sih HAHA.

The ash decreased as it had been a rain, but still, ash was still everywhere. I even found ash inside the straws when I wanted to drink bottle tea. Just ignore it, I was enjoying the beautiful view while I ate a warm bakwan malang, and took some pictures. All of the students were distributed a free masker so we took some shots when wearing maskers. 



Tika si temen sebangku.
-
My chairmate.



Ubi, Tika, Josh.


Malem hari
(In the night)


Hmmm malemnya malah udah jadi ngantuk, terus masi ada acara lagi soal yang nge-review selama kita di sini. Pegel bok duduk di lantai lama banget, mana pantat gua tepos lagi langsung kejedok ubin huhu. Sebenernya, kalo Merapi lagi ga meletus kemaren, mustinya malem ini kita absi review udah langsung disuguhin tarian kesenian gitu dari timnya di Gubug Selo Merapi sambil makan-makan, nongki cantik gitu deh di desa, yah... ternyata semua itu telah pupus.....

I was so sleepy at the night, but we still had a moment where everybody gathered inside boys room to review everything we had and did in Merapi. I was so tired to sit on the floor and tried not to sleep. If Merapi didn't explode at that time, we were enjoying the night in Gubug Selo Merapi, watching the traditional dance from homestay team, eating corns and many else, but... just forget it.


Akhirnya kembali tidur rame-rame ngemper, yang cewe di kamar cewe, yang cowo di kamar cowo. Pegel linu dah tidur beralaskan karpet doang malem itu. :')

So we slept again on the floor which covered with carpet, and I used my gym bag again as pillow and my jacket as blanket, again.


Foto taman rumah retret yang gua ambil pas sore hari dari lantai 2.
-
Retreat house's garden in the evening from second storey.


Seluruh taman uda ketutup sama material letusan Gunung Merapi.
-
All was covered with with ash material of Merapi.



Cerita kelanjutannya di post selanjutnya aja yah.
I'll continue the story later.



Photo credit : Grace



Rumah Retret St. Fransiskus Asisi
Jl. Kartini No. 11
Samping RSU Muntilan
Magelang, Jawa Tengah
T : +62 29 3587 095


Kompleks Perkuburan Kerkhoff (Kerkhop)
Jl. Kartini, Muntilan
Seberang SMU Van Lith Muntilan
Magelang, Jawa Tengah
T : + 62 93 587 046

You Might Also Like

0 comment(s)

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram