Walking Around The Villages in Merapi (Live In Merapi 2010 Part 2)

Saturday, August 30, 2014

Cerita sebelumnya.....
Ada yang belom baca cerita part 1? Cerita part 1 bisa diintip di sini.
Anyone hasn't read the first part of the story? You can click here.


Sudah selesai berdoanya, Ijan?
-
Have you finished the praying, Ijan?


Akhirnya sampai juga di Jawa Tengah. Perhentian terakhir adalah doa Rosario rame-rame di Gua Maria  Kerep di kota Ambarawa, dan lanjut lagi ke kota Muntilan. Karena semalemnya udah ga tidur, udah semakin matahari nongol muka makin celeng semua, padahal pemandangan pagi-pagi bagus banget sawah-sawah warnanya uda ijo-ijo, tapi gua dan yang lain ketiduran di kursi.

Finally, we arrived in Central Java. The next stop was praying Rosary at Gua Maria Kerep Ambarawa, and continued the trip to Muntilan city. We were so drowsy as the day before we didn't sleep, so we didn't enjoy the beautiful views outside.


Setelah beberapa jam kemudian dari Gua Maria
(hours later after went to Gua Maria)

Kita semua dibangunin karena katanya uda mau nyampe. Gilak bangun-bangun leher gua sakit gitu gara-gara tidurnya ga bener. Mata masi ngantuk banget, tapi sinar matahari kayak masuk ke mata buat maksa kita semua melek dan liat pemandangan di sekeliling.

We were awakened as the driver said we would arrive soon, I felt pain in my neck as I slept in wrong position. My eyes were still trying to close themselves, but seemed sunlight tried to open them for seeing the beautiful views.


Tempat kita berhenti.

Bus berhenti di suatu tempat semi-outdoor, yang namanya Gubug Selo Merapi Lor Senowo. Ternyata itu gerejanya penduduk setempat, yang arsitekturnya disesuaikan dengan alam sekitar. Gubug Selo Merapi itu ternyata nama lainnya dari Gereja St. Petrus Kanisius Muntilan. Biasanya dipakai untuk ibadah penduduk setempat, kalo ga dipake buat ibadah juga bisa sebagai tempat pertemuan.

Buses stopped at semi-outdoor place named Gubug Selo Merapi Lor Senowo. It is a local Catholic church, which its architectur adapted with local culture and nature. "Gubug Selo Merapi" is an other name for St. Petrus Kanisius (St. Peter Canisius) Muntilan Church. The place is usually used by the people at there for meeting hall and worship.


Nunggu briefing.
-
Waiting for the briefing.


Briefing di situ, ada sekumpulan bapak-bapak yaitu dari Tim Edukasi Live In Merapi. Jadi mereka ngejelasin hal-hal dasar yang musti kita tau.

The men named themselves "Merapi Homestay Education Team" started the briefing, and explained about the basic things we had to know.


Pertama, seluruh peserta live-in disebar ke empat desa. Yang paling jauh itu ada di 2 kilometer dari Puncak Merapi, tapi karena sudah masuk area ring 2 dan status Merapi naik setingkat, jadi akhirnya diputuskan anak-anak yang harusnya ditaruh di 2 kilometer dari Puncak Merapi ditaruh di desa yang jauhnya cuma 6 kilometer dari Puncak Merapi.

First, the students would be divided into four villages. The farthest one was in 2 kilometres from top of the mountain, but it was in ring 2 area + Merapi alert level reached level 2 alert, so the students would be dropped in the village which was located 6 kilometres from top of the mountain.


Kedua, dibacain partnernya siapa nanti dapet serumahnya, desanya di mana, dan nginep di rumah siapa. Selama live-in ini gua dapet sama Marcella, nginepnya di rumah Ibu Suliah di desa Kajangkosa. Desa Kajangkoso ini jauhnya sekitar 8 kilometer dari Puncak Merapi dan masuk area ring 2.

Second, team announced your partner, your village you would stay, and your homestay parent. I got Marcella as my partner, and I'd stay at Ms. Suliah's house in Kajangkosa Village. Kajangkosa Village is located in 8 kilometres from top of Merapi.


Ketiga, kegiatan kita nantinya bebas selama siang nanti, mau bantuin induk semang terserah, mau ngapain aja terserah. Yang penting nanti malemnya kumpul di rumah yang sudah disepakatin di tiap desa buat ngobrol bareng sama tim edukasi di tiap desa, semacam refleksi malam lah, terus juga temu kumpul sama temen-temen yang ditaruh di desa yang sama + induk semangnya. Yah semacam nongki-nongki together lah di desa hahaha.

Third, the schedule would be free, you could do anything you want, but it would be better if you help your homestay parent. At the night you had to gather in someone's house with your friends plus their homestay parents in the same village you stayed, and there would be education team at that house too. It's like hanging out together at the night after doing some reflection of the day.


Keempat, walaupun status Merapi naik, tapi kita ga usah khawatir karena mereka sebagai penduduk setempat sudah tahu siklusnya Merapi, jadi mereka bisa pastiin kalau situasi aman, ga kayak yang di tivi-tivi. Jadi, nikmati Merapi!

Forth, even Merapi's alert status had increased, we had not to worry about it, because the people of Merapi knew all of the things about Merapi better than other people, and they said it was save, not like in televisions. So, enjoy Merapi!


Nyari induk semang....
(Finding your homestay parents)

Abis selese briefing, kita naik ke atas gunung deh buat nyari rumah tempat kita masing-masing nginep. Berat banget bawa-bawa tas ke atas gunung nanjak gitu. Naik 700 meter ke atas aja nenteng tas itu aja baru ketemu jalan masuk desa pertama. Enak banget kalo bawanya koper beroda, tinggal seret aja ga usah capek-capek, tapi jalannya berbatu sih ga mulus-mulus amat.

After briefing, students had to go following the rocky uphill path for finding their homestay houses. It was so heavy to bring your bags uphill, and you would find the first village after walking about 700 metres.


Mendaki gunung.
-
Going uphill.


Akhirnya masuk ke Desa Kajangkosa, masuk gang pertama, terus kebetulan ada ibu-ibu di depan rumahnya, gua tanya deh tau ga Ibu Suliah? Karena dia tau dia anterin deh ke rumah induk semang gua. Ibu Suliah ada di rumahnya sambil gendong bayi, nyambut kita semua, terus kita disuruh masuk ke kamar kita berdua yang udah disediain buat naruh tas.

Finally we stepped into Kajangkosa village. Entered the first alley, we asked a woman in front of her house if she knew Ibu Suliah. She knew and accompanied us to meet her. Ibu Suliah ("Ibu" is honorific for woman in Bahasa Indonesia) was in her house, carrying her baby, and welcomed us warmly. She told us to put our luggages inside the room for us.


Ibu Suliah : Namanya siapa ini?
Cella : Marcella.
Ibu Suliah : Kalo yang ini siapa?
Gue : Nama saya susah, panggil Audi aja.

Ibu Suliah : Hello, what's your name?
Cella : Marcella.
Ibu Suliah : And you?
Me : Just call me Audi. :)

*I tried to simplifized my name, just in case she'd have difficulty in saying my name.*


Ibu Suliah : Duduk, duduk sini.... 'tak bikinin teh manis.
Gue + Cella : Iya 'Bu, makasi makasi... *duduk*
Ibu Suliah : Ini teh manisnya, diminum diminum....
Gue + Cella : Iya 'Bu, makasi... *minum teh*

Ibu Suliah : Have a seat, here.... I'll make some sweet tea.
Me + Cella : Thank you Mam'. *have a seat*
Ibu Suliah : Here's your tea...
Me + Cella : Thank you so much. *drinking the tea*


Terus udah gitu, jadi awkward moment karena jadi ga ada topik gitu jadinya bingung sama si Ibu, terus jadi kebanyakan ga enaknya, terus sama diemnya.

At the first time, we had an awkward moment because we runned out of the topic, we did hesitate at that moment.


Ibu Suliah : Ini, kalian cobain kerupuk ketela, enak loh. *buka kaleng kerupuk di meja*
Gue + Cella : Iya 'Bu, makasi... *buka, terus makan kerupuk*
Ibu Suliah : Ini bikinan sendiri, kalian kalau mau habiskan saja.
Gue : *Anjir ini enak bangettttt pengen nambah tapi ga enak, tapi tetep aja tangannya masuk kaleng kerupuk nambah lagi*

Ibu Suliah : Here, you must try cassava cracker, it's delicious. *open a cracker can on the table*
Me + Cella : Thank you Mam'. *eat the crackers*
Ibu Suliah : I made it by myself, you can eat it all if you want.
Me : *couldn't stop my hand to pick the crackers LOL*


Setelah lama awkward ga ada topik, akhirnya kita bisa nyambung juga deh.
Ibu Suliah ini orangnya kecil, tingginya sekitar 155 cm, rambutnya panjangnya sebahu, dan warna kulitnya sawo matang. Suaminya kerja di luar kota, dan jadi di rumah ini dia tinggal sama dua anak-anaknya yang masi kecil-kecil. Dia sendiri lagi gendong anak bayi lucu, namanya Rosario, panggilannya Rio. Ternyata Rio ini umurnya udah setaun, tapi badannya kecil kayak mamanya jadi gua kira masih kayak bayi 7-8 bulan gitu lucunya pake buangetttt.

Finally we passed the awkward moment.
Ibu Suliah was a 155 cm (about 5'2"), tanned skin and short haired woman. Her husband was working in other city, so she lived with her two little children. The baby she was carrying, his name was Rosario, or Rio for short. He was one year old, although at the first time I thought Rio was a 7-8 months baby as he was so small.


Gak lama kemudian, muncul anaknya Ibu Suliah yang cewe, namanya Sekar, baru pulang sekolah abis dianterin sama abangnya Ibu Suliah yang tinggalnya di rumah sebelah. Manis amat si Sekar, pulang-pulang langsung salim sama kita berdua kenalan gitu. Ibu Suliah bilang, kalo Sekar ini buat ke TK aja musti nempuh berkilo-kilo meter karena TK-nya lumayan jauh, dan itupun jalan kaki. Jaman gua TK mana pernah jalan kaki sampe berkilo-kilometer cuma buat sekolah, gile ini anak TK jalan kakinya hardcore coy!

Shortly thereafter, her daughter, Sekar, just came home from kindergarten with her uncle who lived beside Ibu Suliah's house. She was a sweet a girl, she did "salim" (a respectful greet to the older people or people you respect by grabbing the older's hand and pressing forehead to the back of the hand) to me and Cella. Ibu Suliah said, Sekar had to walk about kilometres to her kindergarten. My goodness, me in her age didn't walk so far like Sekar did only to go to my kindergarten. :')


Ga lama setelah Sekar pulang sekolah, masuk deh kakek-kakek masuk ke rumah Ibu Suliah, terus kenalan sama kita. Panggilannya Mbah Yoso, dia bapaknya si Ibu Suliah. Kita sempet ngobrol-ngobrol sebentar, dan Mbah Yoso suruh kita istirahat deh.

After that, an old man came inside Ibu Suliah's house, and greet us. He was called Mbah Yoso (Mbah means "grandparent" in Javanese), he was Ibu Suliah's father. We had a chat for a while, and he told us to take a rest there.


Mari bermain
(Let's play!)

Kita pertamanya tanya, ada yang bisa dibantuin ga, kan ceritanya mau bantu-bantu ngurusin sawah gitu biar keren hehe.... tapi katanya Ibu dia bilang hari ini ga usah kita disuruh jalan-jalan aja dulu, soalnya Ibu sendiri ga ngurusin sawah, suaminya kerja di luar kota, jadi sawah keluarga mereka itu yang ngurusin kakaknya si Ibu, jadi sekalian besok aja pagi-pagi kerjanya ikut dia.

First, we asked if there was something we could help, we hoped at that time we could help her in rice field. But Ibu said we had to do nothing so we could see all of the things in here. Ibu didn't manage her rice field, her husband was working in other city, so her family's rice field was done by her brother. So if we wanted to help, we could help her brother in the next morning.


Oke deh, nganggur jadinya, gua dan Cella mau jalan-jalan aja. Baru keluar rumah tiba-tiba.
Chelle : UBI!
Gue : Eh Chelle, Oshin!

Okay, we had nothing to do, when me + Cella were ready to take a walk...
Chelle : UBI! (well, Ubi is my nickname, it means yam)
Me : Chelle! Oshin! :D


Ternyata rumah yang kita tempatin ini sebelah-sebelahan. Jadi si Olvin dan Chelle tinggal di rumah abangnya Ibu Suliah, rumahnya mereka berdua sih bentuknya L dan nyambung, terus Mbah Yoso ini rumahnya di tengah-tengahnya rumah Ibu Suliah sama abangnya. Wah asik dong kita jadinya mainnya jadi berempat deh. Akhirnya kita ijin main keliling-keliling desa. Pertama ketemu si Intan yang serumah sama Tika. Kita keliling rumahnya dia dulu.

The fact was, Chelle and Olvin's homestay house was beside our homestay house, their homestay parent was Ibu Suliah's brother. Their houses were connected like L-letter, and Mbah Yoso's house was beetween their houses. It was so fun, so we could go anywhere with two other friends. After visiting Ibu's brother's house, we went to outside seeing other friends in other villages. First, we met Intan, with her homestay partner Tika, and we went to her homestay house.


Tika : 'Bi, tempat tidur lu enak ga?
Ubi : Enak-enak aja, ya kan Cel'?
Cella : Enak kok, langsung hadap jendela gede gitu adem, terus di kamarnya ada tempat tidur buat berdua terus ditaruh meja rias ada kacanya gede lagi.

Tika : Is your bedroom comfortable?
Me : Quiet comfortable, isn't it?
Cella : Yup, we could see outside from a big window in our room, and we had double bed for us, and dressing table with big mirror.


Tika : Enak yah, ruangan gua ga enak abis, gelap gitu terus lembab.
Intan : Iya masa ruangan gua dikasi tempat tidurnya yang single, terus cuma disuruh buat tidur berdua. T3T

Tika : Lucky you, our room isn't comfortable, so dark and humid.
Intan : Yep, we're provided single bed, and we have to share it for two persons.



Ngeloyor lagi ke jalan, ketemu Ando + Agus yang pada digigitin pacet abis ke sawah.
-
Meet Ando and Agus, they were bitten by leeches after went to rice fields.


Gantian deh kita ngajakin Intan sama Tika main ke rumah gua, disuruh Ibu makan siang dulu. Pas lagi makan siang, ga taunya nongol Willy sama Joshua yang juga main-main ke rumah-rumah yang lain.

Intan and Tika played to my homestay house, and Ibu said to us to have a lunch. While we were having a lunch, suddenly Willy and Joshua came to my house.


Willy : UBAI! Lu di sini 'Bai?
Gue : Iya. *asik makan*
Joshua : Eh lu tau ga, induk semang gua asik banget.
Gue : Emangnya kenapa?

Willy : UBAI! Is this your house?
Me : Yes. *munch munch*
Joshua : Eh, you know? My homestay parent is so cool!
Me : Eh really? Why?


Joshua : Kayak di rumah sendiri deh. Rumahnya tingkat dua, terus abis itu makanannya enak-enak. Ada garasi di rumahnya, terus bapak semang gua punya motor Tiger 2 biji!
Gue : Serius lu?

Joshua : It feels like you own home. He has two storeys house, and his foods were great. And he has garage at his house for parking his two Tiger motorcycles. (Tiger motorcycles in here is Honda's 250 cc Tiger motorcycle, which was so contrast with people there who usually didn't have any vehicle, or only had 150 cc underbone motorcycle)


Joshua : Serius, ga percaya dateng ke rumah gua.
Willy : Duluan ya 'Bai, mau keliling-keliling lagi.

Joshua : I'm serious, so come to my house.
Willy : See you later, gonna take a walk.


Habis makan, peer selanjutnya adalah pergi ke rumahnya Willy!
So, the next thing to do was going to Willy's homestay house.


Pergi ke rumah Willy + Josh
(Going to Willy + Josh's homestay house)

Abis makan siang, kita main lagi ke rumahnya Willy + Josh di desa sebelah rame-rame, namanya Desa Grogol. Katanya sih tinggal turun aja arahnya, terus cari rumah yang paling gede gitu.

After lunch, we went to Willy and Josh's in Grogol Village together, we just followed the path downhill, and find the biggest house there.


Sambil jalan nurunin lereng, kita sih liat dari tadi banyak petugas pemerintah gitu lagi ngawasin truk-truk yang nurunin aspal panas buat nambal jalan bolong. Seperti tipikal jalan di gunung, jalan utamanya cuma ada satu untuk naik turun, samping-sampingnya langsung rumah orang dan sawah. Aspalnya beneran panas loh, gua aja pas lagi lewat jalanannya jadi hangat.

While walking downhill, we saw many local goverment employees supervised medium trucks which unloaded asphalt mix for fixing the rocky main pathway. The asphalt was still hot as I could feel it when walking beside the unloaded hot mix.


Gak lama kemudian setelah asik turun, kita nemuin rumah yang paling bagus di desa itu. Rumahnya tingkat dua, dan baru separuh dicat warna biru karena masih renovasi, di depannya masih ada tumpukan semen. Baru mau bertamu, tiba-tiba nongol bapak-bapak pake caping dan baju kaos oblong putih ala petani tapi naik motor Tiger dan nyapa kita, terus parkir motor di garasi.

Finally, we found the biggest house in that village. Two storeys house with half painted house and we could see sacks of cements outside because it was still under construction. Before knocking the door, suddenly a man came with his Tiger motorcycle, dressed in white T-shirt and wearing caping (traditional cone shaped hat made from woven bamboo, that usually farmers here wear), and he parked his motorcycle in his garage.


Bapak : Halo, yuk mari masuk, masuk...
Kita : Iya Pak, 'misi ya.

The man : Welcome girls, come in...
Us : Okay, excuse us. :D


Masuk ke dalam, waduh... adem banget! Terus kita juga disambut sama istrinya si Bapak yang lagi hamil tua, terus disuruh makan snack yang dia sodorin (snack-nya banyak banget!), kalo ga salah snack dari buah wintermelon gitu. Rumahnya bagus loh, kontras sama tetangga-tetangga lainnya, yang rumahnya masih setingkat. Walaupun rumah-rumah di desa yang gua amatin udah pada pake semen sih, tapi sekat di dalamnya pake anyaman bambu dan kadang sebagian rumahnya ada yang udah disemen, ada yang beberapa ruangannya masih alas tanah.

The air was cool inside. We were welcomed by the man's wife who was pregnant, and served with many snacks from her, I ate one of the snacks which was wintermelon snack. The house was very nice, made a contrary with the neighbors, houses here usually only one storey building. Most of houses in villages here were already made from brick and cement plastered, but the walls inside were made by woven bamboo, and some of the house still paved ground.



Will + Josh di kamar mereka.
-
Will + Josh inside their room.


Willy sama Josh sih lagi ngaso di kamar, kamarnya enak banget lagi. Willy cerita, kalo induk semangnya ini paling sukses di desa dia, gua lupa sih antara si bapak semang ini kepala desa atau pengusaha itungannya.

Willy and Josh were relaxing at their room, and the room was so comfortable. Willy said that his homestay parent was the most succesful one in this village, but I forget if he was leader of the village or entrepreneur.



Agus, Deven, Ando, Jimmy.


Selesai berkunjung, kita balik lagi ke atas
(Finished the visit, we went back)

Ngelewatin lagi jalan yang lagi diaspal. Tika sama Intan ikutan induk semangnya bantuin di sawah, terus gua dan lain-lain sih masih keluyuran di desa atasnya Desa Kajangkosa. Ga taunya ketemu Bima deh di desa atas, main deh ke rumah mereka.

Passed again the trucks with the hot mix. Tika and Intan went to help the homestay parent in rice field, so me and the others went to other village which is higher than Kajangkosa Village. Met Bima and visit Bima's homestay house.


Udah selese main, kita nyuci baju bareng di rumahnya Tika, ehm.. yang niatan nyuci sih sebenernya cuma Cella sama Olvin, jadi baju yang lain sekalian dicuciin buahahahaha. Abis itu bantuin induk semangnya Tika bikin kue legit, ceritanya buat nanti suguhan nongki-nongki malem nanti, karena rumahnya Tika yang dipake buat ngumpul nanti malem. Bantuin marut kelapa sama nyampur adonan di atas panggung bambu di dapurnya Tika rame-rame diajarin ibunya.

After the visit, we went to Tika's house and washing our clothes together. Later, we helped Tika's homestay parent to make kue legit (traditional cake) for the night's meeting at the house. We helped them grated the coconuts and mixing the dough on bamboo stage in the kitchen with Tika's homestay parent.


Di rumah induk semangnya Tika, bagian dapur ga diplester pake semen lantainya jadi masih tanah, terus paling ada sekat di dapur buat jadi kamar mandi. Sepertinya agak susah sih untuk nemuin warung di sini, atau edukasi kesehatan di desa agak kurang? Sikat gigi yang ngegantung di WC induk semangnya Tika semua udah pada buluk hehehe.

At Tika's homestay parent's house, the kitchen was still paved ground, and there was a cubicle made by woven bamboo for bathroom. I think it was kinda hard too find small shop or maybe the people here weren't very concern about health education, hmm I found all of the toothbrushes hung in bathroom were not in good condition anymore.


Pas lagi di dapur, ada anaknya induk semang Tika, anak kelas 2 SD lagi lari-lari main sama adiknya, terus masuk dapur.

Later, homestay parent's child came to kitchen and played with his brother, and entered the kitchen.


Anak kecil : *lari-lari terus ngomong sama ibunya pake Bahasa Jawa*
Induk semang : *ngomong pake Bahasa Jawa*
Anak kecil : *minum air dari gelas*

The child : *running to his mother and talking to his mother in Javanese*
Homestay parent : *talking in Javanese*
The child : *drinking water from glass*


Anak kecil : Eh Mbak... Halo.... Namaku Didik. *salim*
Gue : Halo..
Didik : Namaku Didik *salim*... Namaku Didik... *salim, terus lari lagi main*.

The child : Mbak (honorific in Javanese for older woman or young lady)... hello.... I'm Didik. *doing salim*
Me : Hello.
Didik : I'm Didik... *salim to my friends, and run outside to play*


Lalu baru nyadar, LOH KOK DIDIK SALIM PAKE TANGAN KANAN, TANGAN KIRINYA PEGANG PARANG????!!!!! :''''')

I just realised, WHY DIDIK DID SALIM TO US WITH RIGHT HAND, AND HIS LEFT HAND WAS GRABBING LONG CHOPPER KNIFE????!!!! :')


Selese bantu induk semangnya Tika, gua dan Cella ngajak Tika dan Intan buat ngegosip di rumah gua HAHAHAHA! Sampe sore, uda pada capek gitu abis buslag, plesetannya "jetlag", biar keren dikit lah haha.

Finished helping Tika's homestay parent, me and Cella asked Intan and Tika for staying in my house at that day for gossipping until evening HAHA. I felt a "buslag", it's like "jetlag" for bus version LOL. Okay I know it's cheesy.


Intan, Tika, Ubi, Cella.


Setelah keliling-keliling ke mana-mana...
(Conclusion after the day's visit)

Gua dan Cella beruntung banget bisa dapet tempat tinggal di rumahnya Ibu Suliah. Tempat tidur gua dan Cella nyaman loh dan lapang, terus rumahnya juga bisa dibilang lebih bagus dibanding ke tempat-tempat lain yang gua kunjungin, jadi lumayan nyamanlah buat orang kota kayak kita. Terus, induk semang gua malah suruh gua sama Cella seneng-seneng aja di hari pertama HAHA duh jadi ga enak, padahal gua liat Afgan sama Reinhart aja udah bantuin induk semang mereka loh di sawah pake caping segala. :')

Me and Cella were very lucky for homestaying at Ibu Suliah's house. Our bed was spacious and comfortable, and her house was better than the other places we visited. And Ibu said to us to have fun at the first day of our arrival so we did nothing. I did hesitate to her, as our friends Afgan and Reinhart already helped their homestay parent in rice field.


Ternyata, yang selama ini suka diajarin di sekolah-sekolah kalo orang Indonesia itu ramah-ramah, yang gua pikir selama ini ga terlalu terbukti, ternyata terbuktinya di desa kayak gini. Liatin aja, baru dateng ke desa kita semua uda disambut kayak keluarga sendiri, diajak ngobrol banyaaaaak, terus kasi kita snack ala desa yang banyak, terus senyum mulu.

And know I become an eyewitness of the friendliness of Indonesian people, that I thought it was just a cliche that was only taught at school. Just come to the village and prove it, you rarely see it in the big city like I stay. We were so welcomed at the first time we arrived here like their own family, and they loved to talk everything to us, gave us delicious foods, and always smiled to us.


Kadang-kadang orang kota kayak kita emang butuh refreshing ke desa, kembali ke alam banget gitu deh....
Sometimes, we have to go refreshing to village, back to nature.



Cella, Olvin, Chelle, Ubi, Tika, Intan; 8 kilometer dari Puncak Merapi.
-
8 kilometres from top of Merapi Mountain.


Tunggu lanjutan ceritanya yah. Selanjutnya gua lanjutin cerita hari pertama pas malemnya.
Okay, wait for the next post, I'll tell you the story at that night. Sorry for my bad English if you notice any mistakes in this post. :')




Gubug Selo Merapi
(Gereja St. Petrus Kanisius)
 Jl. Pos Babadan km 1
Grogol Mangunsoka, Dukun
Kab. Magelang 56482
More photos : click here

You Might Also Like

0 comment(s)

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram