Ubi Jadi Buddy Coordinator (FEP 2014 Part Beginning)

Thursday, July 31, 2014

Nah kali ini gua istirahat dulu nge-post review makanan, gua mau cerita tentang kegiatan perkuliahan gua selama liburan kali ini. Tahun ini, gua ikut program di kampus gua (yang tak akan gua sebut mereknya di blog gua seperti biasa), yaitu jadi Buddy Coordinator.


Buddy Coordinator, apaan tu?
Hmm, jadi kan kampus gua ini termasuk salah satu kampus yang uda ga bolehin OSPEK-nya dipelonco. Nah jadi di kampus gua, OSPEK ini diganti namanya jadi Freshmen Enrichment Program, alias FEP. Sesuai namanya, jadi calon mahasiswa-mahasiswa ini bakalan ngikutin FEP ini biar lebih kenal dengan kampus dan sistem perkuliahan, secara kan dulu kalo sekolah gua aja ga ngerti tuh istilah SKS dan lain sebagainya.. rempong kan?


Terus, FEP ini dibagi menjadi tiga bagian :

  1. General Orientation : Jadi selama seminggu, calon mahasiswa bakalan dijelasin macem-macem, misalnya caranya registrasi ini itu, pake website kampus buat ngecek nilai dan jadwal, ngecek ukuran jaket almamater, dikenalin UKM kampus, dan masih banyak lagi lainnya.
  2. Academic Orientation : Yang ini juga seminggu, jadi mereka bakalan masuk ke simulasi kuliah, jadi kayak kuliah boong-boongan gitu biar ga kaget sama kehidupan kampus, bahkan dosennya dosen beneran loh nanti.
  3. Campus Life Orientation : Selama satu semester pertama, tiap seminggu sekali bakalan ada kelas khusus buat nanya-nanya soal kehidupan kampus kalo ada yang pengen ditanyain gitu-gitu sama kakak kelasnya yang tugas di kelas khusus ini, misalnya nanti diajarin cara ngitung indeks prestasi sendiri gimana... mmm apa lagi yah, kalo dulu sih cuma itu doang yang gua inget haha.


Nah, masa para calon mahasiswanya ikutan FEP ini dilepas sendirian ajah gitu? Jadi, harus ada kakak-kakak kelas sukarelawan yang bertugas deh buat ngedampingin mereka semua, namanya Buddy Coordinator. Wets, gua sih suka banget istilahnya pake "buddy", jadi mereka ini bukan junior yang musti di-bully pas OSPEK, tapi istilahnya udah jadi sohib gitu deh, bukan sekedar "friend" tapi udah jadi "buddy".

Oh iya biar akrab, jadi selanjutnya Buddy Coordinator akan gua singkat jadi "BC".


Kok mau sih jadi BC?
Pertama, kampus gua adalah salah satu kampus yang liburnya paling ajaib... kalo semester genap ke ganjil liburnya bisa tiga bulan sendiri, astagah..... pengangguran tingkat dewa. Jadi mendingan nge-BC dah, biar ga pengangguran di rumah.

Kedua, kalo lu nge-BC, lu bisa ketemu orang-orang baru yang selama ini lu ga pernah temuin, bisa adik kelas, kakak kelas, bahkan antar jurusan. Istilahnya yah... bisa nambah temen dan cari koneksi. Pasti seru banget kan ketemu temen-temen baru.

Ketiga, hmm... kalian akrab ga dengan istilah "soft skill'? Jadi kan kalo kemampuan itu kan ada yang "hard skill" sama "soft skill". Kalo hard skill itu penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya (gua nyontek dari blog orang nih), tapi kalo soft skill itu keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills). Yah jadi ikutan BC ini yang paling besar dampaknya yah buat ngembangin si soft skill ini sendiri.

Keempat, temen-temen macem si Novi sama si Caca yang taun lalu jadi BC ajah bilang kalo nge-BC itu biar capek tapi seru, terus ada ajah cerita-cerita kocak selama jadi BC. Akhirnya mereka ngejorokin gua sama Jeho jadi BC deh.

Kelima, buat kalian yang uda baca blog gua dari lama, pasti tau kan soal gua dan Wildan kena azab pas lagi camping DKV taun lalu? Nah..... gua sejak saat itu janji sama diri gua sendiri, kalo gua harus jadi mentor yang lebih baik lagi di camping DKV 2014 ini. Kalo dulu, yang jadi mentor itu ga ada training apa-apa, jadi kalo ga berpengalaman yah, kayak di post yang tadi deh nasibnya. Jadi istilahnya, gua rela melatih diri gua di FEP biar nanti gua camping TKH DKV jadi mentor yang terbaik buat adik-adik kelas semuanya yang nanti harus gua dampingi. :''''')


Hooo oke, lantas harus ngapain dulu nih jadi BC?
Hmm pertama ikutan training dulu 2 hari jadi BC, rada penting ga penting sih... cuma yah ikut-ikut aja, mana hari pertama telat lagi HAHA bodo amat gua langsung nyelinep aja gitu duduk di kelas. Akhirnya diajak kenalan sama adek-adek kelas baik hati (yang angkatan gua dikit bok, terus jurusannya nyampur semua lagi, gak kenal!).

Akhirnya, si pelatih di kelas, si Ko Joe. Dia sadar gua belom ngenalin diri pas yang tadi telat suruh ngenalin diri.
Ko Joe : Kamu tadi telat yah? Kenalin diri dulu dong.
Gue : Ssssttt... *malah dengan begonya naro telunjuk depan bibir HAHAHAH apa yang gua perbuat waktu itu*

Ya uda deh akhirnya gua ga ngenalin diri HAHAHAH.


Abis training dua hari selese, cek jadwal deh
Tiba saatnya keluar jadwal yang ditentuin dari kampusnya kapan kita jadi BC-nya. FEP tahun ini dibagi jadi 5 gelombang, dan ternyata gua dapet gelombang ketiga pas diliat. Setelah gua pikir-pikir, gua mau ganti ke gelombang ah, abis takut pergi sama temen-temen. Terus mau tuker gelombang dua soalnya ada Novi, Cimeng, sama Jeho, tapi waktunya bentrok. Pikir tuker ke gelombang satu aja lah biar cepetan kelar dan ga keburu males, lagian juga di gelombang satu ada Jesnat, Iphin, sama Febi jadi ga ansos-ansos amat.

Dan kalo mau tuker ke gelombang satu, gua harus nemuin temen yang dapet gelombang satu dan pengen tuker ke gelombang tiga.

Cahyadi : Aduh..... ini gimana yah aku ga mau dapet gelombang satu, kapan aku pulang kampungnya?
Gue : HA CAHYADI LU GELOMBANG SATU! TUKER SAMA GUA YUK!
Cahyadi : Kamu gelombang berapa?
Gue : Gelombang tiga gua.
Cahyadi : Eh bole dong bole, biar aku bisa cepetan balik ke rumah dulu, aku nanti kalo gelombang satu kapan balik ke rumahnya.

Akhirnya tukeran deh sama Cahyadi. YES dapet gelombang satu.
Ehhhhhh tapi dodolnya, gua baru nyadar kalo ternyata dengan gua tuker gelombang satupun, gua ga sekelas bareng kelasnya Jesnat, Iphin dan Febi. Mereka di kelas 07, sementara gua jadinya masuk di kelas 08. YAELAH BRO YAELAH!


Jadinya... tetep forever alone.....



Yah sudahlah, I started my first day at high school alone, and nothing wrong happened.
Jadi kenapa musti takut buat mulai nge-BC dari nol tanpa kenal siapa-siapa? 



Jadi, inilah cerita awal gua ikut BC, lanjut di post selanjutnya yah hihoooooo.



Notes : Softskill dan hardskill disadur dari sini.

You Might Also Like

6 comment(s)

  1. yah bilang aja mau cari berondong2 baru bi, hahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ssssttt diem-diem dong ah nanti ketauan, mendingan lu ikut gua cari berondong sini.

      Delete
    2. Berondong Jagung apa Berondong Manis mba

      Delete
    3. berondong ganteng, wahahahaha. *kemudian harga diri jatuh*

      Delete
    4. pasang mukanya jangan serem2, kak :p
      biasanya jadi pendamping ginian, mukanya pada agak ganas #eh :3

      Delete
    5. hahahah nggak ganas dong, kan kita mukanya uda unyu-unyu dari bawaan orok. :')

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram