The Ori Smoke Barbecue Korean Bistro Lotte Shopping Avenue

Saturday, February 22, 2014

Anyeonghaseyo! Kali ini gua bakalan review tentang makanan Korea, dan ini termasuk makanan yang paling mahal yang gua cicipin dalem sejarah per-go-blog-an gua.

Jadi sebenernya gua lagi males pergi, tapi ga taunya ditelponin Afgan mau ikut makan ga rame-rame, ada restoran Korea baru buka gitu di Lotte Mall.

Afgan : Halo 'Bi, lu lagi di mana?
Gue : Eh si Bapak, lagi di rumah gua?
Afgan : 'Bi, mo pergi ga sama cowo-cowo?
Gue : Gua lagi males gerak 'Gan...

Afgan : Gua lagi punya voucher neh, makan Korea gitu, mahal lagi.
Gue : Ga punya duit. *HAHA*
Afgan : Weh Korea-nya mahal gitu, nanti kita bagi-bagi jadi murah. Restorannya baru buka gitu, mau ikut ga?
Gue : ................

Setelah disetanin akhirnya gua malah jadi pergi deh sama cowo-cowo buahahahaha. Hina sekali dari mager jadi pergi. Gua penasaran sih abis ga pernah makan makanan Korea gitu, pernah sih sekali, tapi yang versi ekspres gitu dan ga gitu enak, sama dua kali deng.. cobain ayam fast food dengan cita rasa Korea gitu, tapi not to special lah... jadi mau cobain yang otentik deh, yuk capcus meluncur ke TKP bersama bapak-bapak Geng Domba Unyu dengan jumlah 5 orang.

Yah hitunglah gua bapak-bapak juga dah, gua kan lelaki ber-casing cewe. #apacoba


The Ori
Restoran baru yang mengusung tema Korea yang hadir di dalam Lotte Shopping Avenue. Restorannya sendiri terlihat sophisticated dari depan, dengan menghadirkan suasana nyaman dengan elemen kayu dan batu yang berpadu dengan serasi. Pas masuk kita kayak masuk dari gerbang kayu yang diatur sedemikian geometrisnya sehingga menimbulkan kesan "nature-can-be-edgy-also". Ga cuma di gerbang kayunya juga sih yang bikin gua terkesan, tempat duduknya juga karena unik gitu, karena pas lu naik panggung gitu eh ternyata tempat duduknya sejajar sama lantai panggung dan ada kolong buat kaki deh, buat lebih jelasnya bisa diliat di foto.


Tampak depan.


Bagian tempat duduk.


Suasana edgy di bagian dalam, di bagian luar balkon tempat duduk buat yang ngerokok.


Pesen apa 'Bi?
Gua ga ngerti apa-apa, jadi si Afgan sebagai event organizer aja yang ngurusin dan semuanya beres tralalala. Jadi inilah beberapa menu yang muncul.


Smoke Bibimbap. (Rp 85.000)


Ini adalah nasi yang dikasih topping berbagai macam sayuran. Rasa menu ini segar karena banyak sayuran segar yang rasanya bercampur dengan saus pedas dari pasta lada, yah walaupun ga pedes sih, tapi ada rasanya gitu jadi menu ini lebih 'berwarna'. Jangan dikira ini cuma nasi putih biasa, nasi yang dipakai di sini ternyata udah dicukain, yah mirip-mirip nasi yang biasa kita makan di restoran sushi gitu. Lebih asik kalo menunya diaduk dulu sampe sayur-sayurnya merata. Gua rasa, menu ini lebih cocok kalo makannya dibarengin dengan menu-menu sampingan lainnya. Oke, lanjut ke menu berikutnya.



The Ori Smoke Specialist (Duck). (Rp 150.000)


Menu barbecue kali ini kita makan bebek, di samping ada potongan bebek juga ada 3 saus yang tersedia (ada semacam saus pedas manis, saus kecoklatan dan semacam kecap asin) yang bisa kita pilih sesuai selera kita. Bisa diliat sendiri untuk porsi bebeknya di foto, potongannya juga ga kecil, bebeknya juga lembut jadi makannya juga gak beringas hehe. Waktu itu karena mager manggang sendiri, akhirnya kita minta waitress deh yang panggangin bebek kita hoho.



Andong Ori Jjim. (Rp 140.000)


"Jjim" sendiri artinya makanan yang dikukus atau direbus, nah ini salah satu variasi dari jjim sendiri yang berasal dari kota Andong di Korea Selatan. Isi dari makanan ini ada berbagai macam sayuran, dan di dalamnya juga ga ketinggalan ada semacam sohun yang juga udah kecampur sama saus manis. Yak kenapa gua lebih menyebutnya mirip sohun? Karena lebih mirip mie bening, ga tipis dan ga mudah patah seperti bihun yang kita temui kalo makan bakso. Sebenernya gua juga ga yakin sih ini sohun, ada yang bilang ini namanya "dangmyeon", yaitu mie dari ubi.

Menu yang dikukus satu ini enak banget, rasa sohun-nya ga seperti sekedar diaduk sama kecap aja, tapi bumbu yang lain juga meresap. Kalau aslinya sih dagingnya pake ayam, tapi yang kita temuin di pot ini dagingnya isi bebek, beuhh.. kurang istimewa apa lagi coba ini? Mana bebeknya ga abis-abis lagi. Gua suka banget sama menu yang ini, gua rekomen banget.



Bibim Momil Guksu. (Rp 58.000)


Menu yang satu ini adalah menu unik, kalo biasanya kita makan mie itu panas-panas seperti tipikal masakan China, ini kebalikannya karena menu ini ternyata adalah mie dingin. Dan katanya sih menu ini di Korea sendiri populer saat musim panas. Bahan utamanya sendiri adalah mie soba, tapi dengan topping yang sama persis seperti di menu sebelumnya yaitu Smoke Bibimbap. Dan bener aja, mie-nya dingin gitu, dan mungkin untuk lidah orang Indonesia rasanya agak gimana gitu makan mie dingin-dingin, tapi lumayan enak toh. Dan katanya sih ini juga dicampur dengan saus pedas gitu, tapi pedasnya juga ga terlalu berasa bahkan samar, sama seperti Smoke Bibimbap. Buat yang ga suka pedas, jangan khawatir jadinya.


Dunggule Tea. (Rp 53.000)


Teh ini rasanya juga beda dari teh biasa dengan rasa yang khas, nah jadinya gua dan temen-temen sih (sok-sokan) menganalisa kalo sebelum diseduh, daun tehnya dibakar dulu gitu. Gua juga agak susah nemu kata yang cocok buat mendeskripsikan si Dunggule Tea ini, mungkin lebih ke arah "gurih" dan "tajam". Tapi tenang, ini teh enak banget bok, tapi sepertinya ga bisa refill. *tenggak*


Overall...
Makanan Korea kayaknya sehat bener yak? Dikit-dikit sayur, foto-foto makanan di atas setelah diamati semuanya ketutup sayur, yang banyak sih selada sama rumput laut. Sayangnya kali ini gua ga nyobain kimchi, gua sendiri pertama dan terakhir kalinya nyobain kimchi kayaknya jaman gua SMP gitu dan agak lupa rasanya. Gua suka sama suasana di dalam The Ori, seperti yang gua bilang, "nature-can-be-edgy-also". Saran gua untuk makan di sini adalah, sedikit terbiasalah dengan sendok garpu yang berat tapi ramping pegangannya serta sumpit logam berat nan panjang, plus jangan lupa pesen Andong Ori Jjim, itu enaknya parah!


Kamsahamnida for reading.




The Ori Smoke Barbeque Bistro
Lotte Shopping Avenue, 3rd Fl Unit 8
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3 - 5, Karet
Kuningan, Jakarta
(021) 2988 9398 / (021) 2988 9399

You Might Also Like

5 comment(s)

  1. tempat makan kalangan menengah ke atas in mah ..
    harganya syereeem...
    mahasiswa kayak gue palingan ada tulisannya 'dilarang masuk' -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya pake voucher diskon dong hohoho. :p

      Delete
  2. Percuma lah gua punya voucher wong di Bali belum buka huahaha.
    Btw Bi temen lu pake voucher, jadinya total kerusakan kalian berapa dah? :p Trus service-nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. total "kerusakan" hanya 200 ribu dari harusnya bayar 600 ribu hahahaha, servis sih ga ada yang mengecewakan.

      Delete
    2. Wih ngeri juga ya kalo ga pake voucher huahahaha bisa nangis garuk tanah tuh gua untung patungan ya Bi.

      Btw porsinya keliatan banyak ya. atau emang banyak?

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram