Ubi Pusing Belajar Fotografi 2

Wednesday, October 30, 2013

Belajar fotografi studio itu...
Rasanya sih kayaknya bakalan cetar gitu, soalnya gua sih pengen tau aja pengen dapetin teknik cara foto makanan yang baik dan benar HAHAHAH (maklum, kemaren liburan lagi banting setir jadi food blogger). Terus keliatannya kalo lu bisa pake studio foto kan berasa kece cetar membahana gitu, jadi gua sih pertamanya excited banget gitu...

Eh ternyata...
Kenyataaan tak sesuai ekspektasi, ternyata pas kelas gua (kelas khayangan, hiks) masuk ke studio foto di kampus, ternyata hampir lebih dari setengah jem dikasih wejangan dulu mengenai mahalnya benda-benda di studio.

Dosen : Terus kalo nanti harus foto pake background, hati-hati kalo modelnya pake high heels, kertasnya bisa bolong dan ini cuma bisa dibeli meteran.
Gue : Belinya bisa di Tanah Abang ga ya kalo meteran? *bersenandung dalam hati*

Dosen : Kalian kalo pake lampu studio hati-hati, jangan sampai uda dipasang tinggi-tinggi di lamp stand ternyata ga kenceng, terus jatoh... uda berbahaya, kalo jatoh kalian ganti segrup, harganya bisa 7 jutaan paling murah.
Gue : ..........

Dosen : Kalian tolong hati-hati, jangan sampai kalian ga sengaja mecahin meja putih buat foto produk. Dulu ada OB lagi nyapu ga sengaja tekan mejanya, terus retak. Kemaren ada grup yang mecahin.... harus ganti 9 juta.
Gue : *mulut berbusa*

Jadinya kalo uda masuk studio, kita semua uda ga mau duduk deket meja foto produk.
Caca : *mau duduk samping meja*
Gue : AWAS CA 9 JUTA MAU PECAH!
Caca : O iyeeeee... *langsung minggir dari meja*

Uda gitu harganya kan najubile yak, terus Cindy aja sampe ga berani megang loh pas latihan buat kuis pasang lampu. Jadinya kalo di grup foto gua (yang isinya ada gua, Cindy, Caca, Novi, Jeho, Iphin, Valdi) yah cuma Valdi doang yang ahli bongkar pasang lampu HAHAHA terima kasih Valdi terpujilah engkau di antara wanita... :")

Jadinya yah hiburan di pelajaran fotografi...
Yah paling jadinya gaje ngapain aja yang penting kagak stres foto mulu, enakan fotografi 1 lebih nyantai bisa sambil jalan-jalan soalnya... Entar salah dikit duit keluar cyin huhu. Pas gua dan Novi mau keluar studio ke ruang operator mau booking studio buat besokannya, tiba-tiba...

Novi : 'Bi, lu mau liat sepatu gede banget ga?
Gue : Sepatu siapa?
Novi : Nih 'Bi, liat deh.... sepatunya gede banget kan? *nunjuk sepatu gede di rak sepatu*

Gue : Njir ini sih gede bener, ini sepatunya siapa? .____.
Novi : Punya Pak Mike (nama dosen disamarkan, iye dia dosen yang pas semester 2 nanganin project gua yang ini) ! WAKAKAKAK GEDE KAYAK SEPATU BADUT! 

Novi : Lu bandingin deh, sepatunya Pak Farhat (nama dosen lain disamarkan juga cyinnnn demi keamanan berbangsa dan bernegara) di sebelah sepatunya Pak Mike aja kalah gede.
Gue : Iya juga yah....
Novi : Gua penasaran ukuran kakinya dia berapa sih?
Gue : Penasaran gua... *iseng masukin kaki ke sepatu badut*

Gue : ANJRIT GUEDE BENER WOY! SEPATUNYA KAYAK GAYUNG! *heboh langsung angkat kaki, sepatunya ngegantung spasinya banyak gitu*
Novi : WAKAKAKAKAKAKAK KAYAK GAYUNG!

Novi bener-bener penasaran coba pas lagi praktek studio, terus langsung ditanyain coba ke Pak Mike.

Novi : Pak, sepatu Bapak tu ukurannya berapa sih?
Pak Mike : Kaki gua 43, emang kenapa?
Gue : Sepatunya gede banget, kayak gayung!
Pak Mike : Enak aja, elu nenek gayungnya!

Novi : Tadi Ubi masukin kakinya ke sepatu Bapak....
Pak Mike : Kenapa pake dimasukin?
Gue : Terus tadi gua cobain Pak, langsung... uwooooohhh.....
Novi : Kaki lu berasa masuk jurang yak 'Bi? HAHAHAHA!

Pak Mike : Yah, pake dimasukin segala sama ni anak, entar musti gua semprot pembasmi hama sepatu gua.
Gue : =__________=

Tugas foto pertama
Akhirnya disuruh bikin kelompok buat sepanjang semester 3. Kelompok gua terdiri dari gua, Caca, Cindy, Novi, Valdi, Iphin, Jeho. Tugas pertama kita adalah bikin foto one point lighting dengan berbagai sudut (0', 45', 90', 145') dan divariasikan dengan pakai berbagai aksesoris (honeycomb, soft box, standard reflector).

Intinya setiap orang harus punya 12 foto yang akan diasistensi sama dosen, sementara isi kelompok kita ada 7 orang, uda gitu waktu sewa studio kampus cuma 2 jam / grup / minggu, terus manekinnya harus dipakein baju dan bajunya harus beda-beda untuk tiap orang.

Mabok kan? Mau ga mau kita uda foto pake jurus ninja deh, bisa ada beberapa orang berbeda yang standby buat ganti bajunya dalam hitungan detik. Tugas yang lainnya satu orang pegangin manekin karena ga boleh bergerak, satu orang jadi lighting man, satu ngejepret kamera, satu pegang light meter. Coba bayangin sendiri deh gimana ribetnya di studio hahahaha.

Tapi giliran kita ganti jaket, pas bagian Valdi dia malah bukannya gerak cepat, dia malah melambat...
Valdi : *ambil jaket dia, terus manekinnya dipakein dengan lemah lembut*
Cindy : Aduh Valdi..... kok malah lemah lembut gitu sih sama manekinnya?
Jeho : Kayak pakein jaket sama pacar lu....


Pacarnya Valdi.


Iphin : Next!
Kru : *satu pegangin manekin, satu orang langsung lempar jaket seadanya ke manekin, satu lagi bantu rapiin dalam sekian detik*
Iphin : Next!
Kru : *ulangi lagi hal yang sama*

Iphin : Next!
Valdi : *malah ngeganti jaket manekin dengan lemah lembut*
Cindy : HAHAHAHAHAHA VALDI JAKETIN PACARNYA YAH!!!! 
Valdi : Iya dong...


Ada yang mau liat hasil fotonya? Contohnya kayak gini, ini teknik one point lighting yang butterfly (nol derajat).


 photo Foto-01_zps8c40caa6.gif
Ganti teruuussss sampe mabok.


Sampai sekarang ini sih, uda ganti ke two point lighting sama three point lighting pelajarannya, tapi gua malah tetep ga ngerti-ngerti nih yang two point malah uda masuk ke three point. Tes praktek one point lighting gua aja uda keteteran dan uda ditegur mulu sama si Pak Farhat (nama disamarkan), dan mungkin kayaknya dia gemes kali sama gua ditegur mulu sama dia. Maafin gua Pak.... :'(

Eyke pusing deh cyiiinnn sama foto studio. Sekian dulu cerita tentang pelajaran fotografi kali ini, lanjut lagi kapan-kapan.

You Might Also Like

8 comment(s)

  1. Lehernya ilang tuh, lu lightningnya kurang diatur, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap deh, kan ceritanya kita masi newbie kakak... hahaha.

      Delete
  2. itu dosen pak mike ngomongnya gaul bener.. haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha enaknya dosen-dosen desain gitu ko will, kebanyakan pada gaul-gaul, 'merakyat' dan slow abis sama murid-murid, malah kadang-kadang kita pada bisa ngobrol sambil makan siang bareng rame-rame sama dosennya ko. :p

      Delete
  3. Wah foto duanya juga foto studio juga ya
    dulu aku foto studio
    asyiknya modelnya orang sungguhan :D
    terus... tiang buat lampu2 lightingnya banyak yang kendor bautnya...
    untung lampunya gak jatuh kena kepala model :D

    btw, foto-fotonya keren :D
    moga2 nilainya bagus hehehe
    (asdosnya pak Mike lagi?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita entar pake model benerannya pas three point lighting hehe. iyaaaa bener banget takut kan kalo misalnya spigot-nya kendor terus tiba-tiba jatuh dari light stand ato boom stand hwhwhw.

      fotonya masi cupu ko, amin ko nilainya musti bagus hehe. iya asistensinya sama pak mike lagi hahahaha.

      Delete
  4. wow... gue paham perasaan lo yang diwanti2 mahal itu ="))
    kalo gue bukan di studio sih, di rumah orang yang suka jadi tempat prewed hhahahaa
    semoga nilainya bagus lah bi XD
    good luck~
    sering2 posting beginian ye, gue biar juga belajar.. 2 semester depan ada DKV nya, pake fotografi segalaa (yang studio pula, soalnya buat iklan produk)
    hahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyoooooo semoga nilainya bagus, iya nih tapi kalo guanya juga sempet yah nge-postnya. oh okelah good luck buat 2 semester depan. *masi lama padahal wakakakaka*

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram