Tipografi Membuatku Mau Buka....

Friday, October 18, 2013

Sepanjang menjalani semester 3 ini selama sebulan, mata kuliah yang jadi momok nomor 1 buat gua itu adalah tipografi 2. Itu sih mata kuliah yang bikin stres selama menjalani semester 3 ini...

Kok tipografi jadi momok?
Gimana nggak? Jadi pelajaran tipografi ini mau project pertamanya adalah bikin 'name style', yah kira-kira semacam branding diri sendiri dan pake nama kita sendiri, tentunya karena ini pelajaran tipografi kita harus memperkuat sisi tipografisnya, bukan elemen grafisnya. Kita disuruh pilih 5 pekerjaan yang entar dipilih dosennya buat kita bikin kartu nama sendiri, dan dari 5 pekerjaan yang gua ajukan, gua dapet pekerjaan travel journalist dan florist yang akan gua bikin logonya dengan nama gua sendiri.

Singkat cerita, pas pertemuan pertama tipografi disuruh bikin alternatif logo, dikasi waktu terus disuruh keluar kelas selama 1,5 jam biar tim dosen pada milih alternatif desain kita, balik-balik semuanya kagak keterima. Stres. Begitu juga dengan pertemuan kedua, banyak coretan terus desain kagak ada yang dicentang sama dosen.

Mending kalo yang ga keterima banyak, ini tu kayak 75% semua uda punya desain yang diokein sama tim dosen, terus gua termasuk yang 25% ga punya alternatif desain yang dicentang. Gua pusing gimana caranya ini biar tipografi gua dapet alternatif yang diokein? *banjir air ingus*

....angka 75% uda pada dapet alternatif asistensi itu, emang akibat gua nyasar ke kelas khayangan (baca di sini). Dosen utama tipografi gua aja, si Ibu Tia (nama disamarkan) sampe bersabda di depan kelas...

Bu Tia : Saya baru kali ini ngajar name style, satu kelas banyak sekali yang langsung dapet alternatifnya. Biasanya dari taun ke taun pas asistensi logo ini cuma sedikit sekali yang langsung kita oke. Kelas ini anak-anaknya daya saingnya hebat....

Lalu gua yang uda males mikir, berasa abis dilindes bajaj yang suka mangkal depan kampus....


LINDAS AKU MAS! LINDAS!

Sampai akhirnya...
Suatu malem, malam di mana kita semua bikin alternatif asistensi buat tipografi besok malemnya, gua buka Twitter di HP. Lalu si Jeho tiba-tiba nge-tweet.



HAHAHAHAHAHA GUA NGAKAK!
Bisa-bisanya si Jeho galau tipografi malah nge-tweet begitu. Tapi seriously, kalo bole jujur gua juga gemes loh kalo tipografi ga dapet yang di-accept semua tiap minggu bikin alternatifnya makin banyak, tiap malam Rabu gua harus begadang semedi depan laptop bikin alternatif dan siap-siap bakalan dicoret silang lagi, sedih banget ye gua? :'''')

Okeh, ada yang ga ngerti soal tweet-nya Jeho?
Jadi dia mengutip iklan Aqua yang ini loh....




Lalu... minggu depannya, disuruh bikin alternatif buat business card sama alternatif logo lagi. Selasa malam, ide gua mentok lagi, lalu pada akhirnya gua pun nge-tweet.



Lalu akhirnya bukannya nugas, kita malah nge-tweet...



HAHAHAHAH NCOOOLLL Jeho malah ngejulukin Bu Tia dengan sebutan 'Ahjuma 2.0'. Anyway, 'Ahjuma' ini adalah sebutan buat dosen Inggris kita, karena pas di kelas Inggris...

Rani : Eh, kok muka dosen kita galak gitu kayak emak-emak di film-film Korea sih? Kayak ahjuma (bahasa Korea 'bibi') jual chajangmyun (salah satu jenis mie Korea) sih?

Omaigat ngakak, padahal si Bu Tia ini mukanya ga ada Korea-korea-nya macam dosen Inggris, mungkin karena sama-sama 'kejam' kali makanya dijulukin 'Ahjuma 2.0'.



Uda ga ngerti lagi dah kapan ini berakhir?

Sebelum deadline tugas pertama...
Libur panjang Idul Adha kemaren terganggu dengan adanya beberapa tugas, termasuk tipografi. Akhirnya selama liburan gua berempat chat di LINE.

Caca : Ukuran font besok dikumpul berapa ya?
Cindy : Ga tau.. terus kecilin jadi 20% gimana caranya yah?
Novi : Font? Duh gua dari kemarean ga di rumah nih, sekarang... lagi renang. HAHAHAHAH.
Cindy : .......

Cindy : Tapi uda selese kan lo?
Novi : Temenin dong ayu sini ke Karawaci, banyak anak bule sama korea unyu-unyu. Ga tahan mau kawinnnnn....
Cindy : HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH! Sama si *sensor* aja sono, dia juga ga tahan mau kawin kayaknya.
Novi : Mau kawin sama bule maksudnyaaaaa! =____=

Cindy : Lu akhirnya pake yang travel 'Bi?
Ubi : Iya, itu yang di-accept sama Bu Tia.
Caca : Iya 'Bi punya lu lucu.
Ubi : #sumberairsudekat

Cindy : HAHAHAHAHAHAH! Kenapa sih 'sumber air'?
Caca : Hahaha, tanya Jeho.
Ubi : Wakakakak lu ga aktif di Twitter sih.
Ubi : Si Jeho kan suka nge-tweet, "ga mau kuliah.. mau buka sumber air di pedalaman papua aja".
Cindy : HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH Jeho gobloook.

Ubi : Iya.. terus hastag kita bertiga jadi #sumberairsudekat deh, macam iklan Aqua yang di pedalaman NTT.
Cindy : HAHAHAHAHAHAH!

Novi : Anak bule sama korea-nya uda gua culikin besok gua bawa ke kampus deh di kotak pensil.

Sebelum deadline, versi malam hari...
Ubi : Apa kabar kalian semua? Masi idup?
Cindy : Hampir mati 'Bi.
Caca : Uda ga bernyawa bentar lagi.
Ubi : Gua galau tipoooooo.

Ubi : Pasti Nopi uda leha-leha nih hwhwhw.
Novi : HAI! Belom kok masih bikin, sambil menderita pegel-pegel satu badan gara-gara sok berenang gaya anjing. HAHAHAHAHAH.

Caca : Haha, uda bikin kartu?
Ubi : Anjriiiitttt gua lupa! Besok alternatif kartu nama ye? Astagah gua mau pingsan, baru gua mau tidur.
Caca : Iya 'Bi, lu lupe?
Ubi : Lupe, ncoooolll.... .____.
Cindy : HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH Ubiiii gua ga tau harus bereaksi apaan.

Ubi : Gua stres... mau buka sumber air aja di pedalaman Papua. #sumberairsudekat
Cindy : #kumpulinsemenbuatsumur

Begadang lagi deh akhirnya cuma tidur 3 jem buat dateng pagi ke percetakan biar ga rebutan nge-print.

Deadline!
Akhirnya dateng pagi hari, nongkrong di Lawson sebelah kampus dulu sambil nungguin kita komplit berempat. Novi malah semangat banget cerita macem-macem, termasuk cerita kemaren dia berenang.

Gue : Anak bulenya uda dimasukin kotak pensil belom Nop'?
Novi : Masa kemaren gua berenang ada anak Korea cuma setinggi lutut gua kecil banget, pake baju renang Minnie Mouse, ada roknya si Minnie, terus dia pake kupluk karet ada kuping Minnie-nya. Terus panggil-panggil bapak emaknya, "Appa, Appa.. Omma, omma..." AAAAAA LUCU BUANGETTTT! *gemes sendiri*
Cindy : Makanya cepetan kawin Nop'...

Akhirnya kita semua ke percetakan seberang kampus dengan muka beler, ngantri nunggu rame-rame nyetak sampe lesehan di lantai.

Sampai akhirnya mata kuliah tipografi dateng juga. Uda abis asistensi yang sejam keluar kelas, masuk-masuk abis dapet penjelasan bole ngambil karya kita di dalem amplop.





Lalu, gua dan temen-temen abis liat nilai di amplop....
.....kayak abis dilindes bajaj terus keserempet angkot sama ditabrak shuttle bus kampus.


Jelek dah nilainya. Kelas gua kelas khayangan sih persaingannya gawat banget kumpulan dewa-dewi semua. Kapan tipografi bisa dapet bagus?

Sakit cyiiinnnn, perih hati ini, berasa diiris terus disirem cuka. #tolongubi
Aduh tipografi 2, kamu mempermainkan hatiku. Aku lelah dengan semua yang ada. Aku mau buka sumber air ajahhhh.... #galisumur

You Might Also Like

14 comment(s)

  1. Wakakakak... Semangat yah tipo na! :S sadis banget sih ajumma 2.0 itu.

    Btw, dosen inggris yang mcm ajumma itu inisialnya L bukan sih? #penasaran wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, doakan akyu yah tipografinya dapet bagus nanti. :''''''
      si 'ahjuma' inisialnya E, sayang sekali anda salah hahaha.

      Delete
  2. tugasnya mirip2 kayak aku dulu hahahaha... semangat deh! nanti kalo uda kerja, bakal kangen masa2 tugas ga diacc hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sih nggak kangen tugas ga diokein ci', tolong akyuuu.. :""""
      penasaran anyway cici dulu kuliah DKV di mana?

      Delete
  3. Kalo bikin tugas Tipo tuh, lu harus lebih pake hati daripada mata. Coba lu liat2 karya orang laen di Internet, Bi, cari inspirasi. Rasain "soul" nya. Yg penting tuh bukan bentuk fontnya kayak gimana, bukan accessories di fontnya, tapi apa pesan yg disampaikan sama huruf lu tersebut. Begitu...

    Semangat ya. Butuh masukan, kontak2 aja =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, mata gua baru tercelik sekarang ini soal pelajaran tipografi. tapi tetep aja ko susah gitu masa uda gua mengandalkan tipografinya tetep ga diokein, kan sedih huhu. kapan-kapan gua gangguin lu yah ko di china nun jauh di sana.

      Delete
  4. Good luck yah.. Semoga dapat nilai bagus.... ^^

    ReplyDelete
  5. duhh bacanya jadi ikutan stress...hahhaha, kayaknya kudu pake imajinasi tinggi dan kreatifitas tinggi banget yaa drey..julukan ahjuma itu kocak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakaka ini kenapa bacanya jadi ikutan stres ci'? iya ni cici kalo masuk ke kelas aku pasti jadi stres sendiri huhu. iya tuh temenku bisa-bisanya ngejulukin dosen pake 'ahjuma' LOL.

      Delete
  6. lol.. #sumberairsudekat.. nih kubantu siapin cangkul dan sekop deh bi.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mari #kumpulinsemenbikinsumur hahaha.

      Delete
  7. wah jadi kangen masa-masa kuliah tipografi wkwkwkw
    semangat yo
    #sumberairsudekat-jadibetabisabantumamaambilairbuatmandiadik

    ReplyDelete
    Replies
    1. woh koko dulu juga anak desain? #mendingbantuinbetabikintipohuhu

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram