Susahnya Foto Malam-malam (Photography Project Part 2)

Monday, July 08, 2013

Akhirnya sodara-sodara, gua si anak ubi udah bebas dari penderitaan UAS, HOREEEEE!!!!! Setelah mengalami siksaan ngerjain tugas fotografi, terus dihajar 2 minggu UAS, di mana titik terberat minggu pertamanya itu tracing iklan, sama minggu kedua ngerjain berbagai jenis graphic style, yang semuanya sukses bikin gua tidur cuma se-ecekepret doang dan tidurnya di sofa depan kamar biar bisa bangun pagi, akhirnyaaaa.....

GUA LEPAS KANDANG!!!!
HORE HORE HORE!!!!

It means, gua bisa kembali normal nge-blog, dan kabar baiknya buat para pembaca semua, gua liburnya 3 bulan loh! Jadi selamat datang masa-masa gua akan men-spam Google Reader di dashboard kalian buat para subscriber dan buat para silent reader kalian bisa ngisi waktu kalian dengan baca-baca post-post labil gua semua muahahahahahah!

Yak, jadi post kita sampe di mana kemarin? A-ha, tugas fotografi... Oke, gua akan lanjutin cerita gua deh yang itu. Yang belom baca part 1-nya klik di sini.

Ketika perut sudah berdendang
Abis foto-foto di Taman Menteng selese, selanjutnya kita mau foto di Bundaran HI, tapi... apa daya perut uda berdendang, dan akhirnya Novi si Ratu Jalanan (yah gua sih nyebutnya gitu, abis dia ditanya rute jalanan, busway sama angkot tau semua) mengarahkan kita ke arah Sarinah. Gile foto di Taman Menteng aja uda pake lelah-lelah segala semuanya, rasa ini perut tak tertahankan.. OKELAH MAKAAANN!!!


Hongkong Cafe di Jl. Sunda. Gua dulu ke sini bersama Katana Inside sekali.

Lapar bok lapar...

Model-model kita ini pas ditanya, mau makan apa, malah berkebalikan semua gitu, coba nanya si Jenny mau makan apa gitu?

Novi : Jen', pesen gih terserah mau makan apa...
Jenny : Hmmm.. apa yah? *bolak balik menu*
Novi : Gimana kalo pesen nasi aja?
Jenny : Nggak ah, lagi ga pengen makan nasi...
Novi : Kalo gitu pesen spagetti.
Jenny : Hmm nggak deng, entar gendut...
Novi : Ya udah pilih aja mau makan apa...
Jenny : Aduh bingung, apa gua ga usa makan aja kali ya?
Novi : *asdfghjklqerurpwiqweurquqnvsvxz!!!*

Kok modelnya ga mau makaaaaannn!!???? Kan dia yang capek kok dia galau mau makan apaaaaa... Yah sampai akhirnya dia pun pesen sup gitu, dan itu keciiiill banget buat ukuran makan malem... Yak sebenernya sih kecil buat ukuran gua makan. :b

Dan entah kenapa, kayaknya sari-sari kehidupan Jenny malah kesedot sama si Renol ye? Malah Renol mukanya berseri-seri gitu pegang buku menu makanan, dan langsung milih dengan muka 'GUA MAU YANG INI'! Jadinya pesenan Renol piringnya gede sendiri gitu di antara kita semua BAHAHAHAHA.

Renol, Ubi + Jenny. Liat mukanya uda kusut semua, kantong mata menggelambir.

Muka lelah si Novi + Chacha.

HKC Tomato Baked Rice.

Ini pesenan gua, harganya lupa tapi sekitar 40 ribuan gitu. Kalo buat ukuran makan gua sih, ini kurang sedikit banyak, nanggung gitu kenyangnya, tapi ini boleh dicoba. Nasinya dipanggang gitu kayak semacam pake keju mozzarella gitu, terus ayamnya juga rasanya enak, empuk lagi bumbunya oke, dan yang khas dari masakan ini, makan nasinya agak asem-asem rasa tomat gitu (tenang kok ga aseeeeeeemm parah yah tapi ada rasa tomatnya gitu). Gua pun sebenernya ketagihan sampe makannya agak dinikmatin karena porsinya kecil huhuhu.


Spicy salt and pepper chicken rice bowl.

Depe punya juga menggiurkan parah sih, sampe bikin gua agak nyesel dan pengen pesen kayak punya Depe. Rasanya yang ini yang oke sih ayamnya, garingnya tuh 'salt and pepper'nya dapet banget, enak deh ini gua rekomendasiin banget. Harganya sedikit lebih mahal dibanding punya gua, tapi porsi lebih banyak ini.


Punya Renol ga tau namanya apa, paling gede sendiri gitu mesennya.

Yang punya Renol ga sempet nyoba, karena Renol makannya gahar HAHAHA!

Sempet ngambil foto juga sih di teras luar buat story board kita.

Bundaran HI
Seperti biasa, kita parkir mobil di Hotel Pullman, terus jalan kaki ke Bundaran HI. Sebelum jalan kaki, kita sempet liat di Wisma Nusantara lagi ada siaran live TV gitu, dan karena lagi nungguin Jenny ganti baju di WC hotel, gua dll sempet berniat mau nge-photobomb gitu di siaran live TV, kita halo-halo aja di belakang kacanya Wisma Nusantara gitu, tapi untung Jenny uda selese ganti baju jadi kita batalkan niat jahanam kita.

Anyway, sebagai fotografer kelas teri dan jomblo kelas kakap, gua biasanya suka males kalo foto malem-malem di luar, apalagi pas dulu cuma madol digicam pocket biasa, soalnya kurang cahaya, terus kalo dihajar flash internal biasanya jadi jelek gitu cahayanya jadi keras.


Ini contohnya, liat muka Renol beler sendiri.

Tapi berkat belajar fotografi ini, gua mulai bersentuhan dengan aksesoris fotografi, dan malam itu gua belajar caranya pake flash eksternal. Kali ini kelompok kita pake flash eksternalnya punya si Novi. Kalo yang kurang ngeh buat apaan sih flash eksternal kalo uda flash internal di kamera?

Jadi intinya gini... flash eksternal itu kan kayak flash templokan gede yang bisa ditaroh di atas kamera kita, dan kecenya, itu bisa diatur mau belok-belok ke mana arah lampunya, dan diatur kemiringannya mau berapa derajat, terus kekuatannya bisa diatur sendiri levelnya. Kalo kegunaannya sih, yang pasti nambahin sumber cahaya biar fotonya ga gelap, dan yang pasti kalo ada cahaya banyak, foto lebih ga nge-blur karena tirai rananya bisa cepet nutup karena fotonya cepet 'jadi' dengan cahaya yang cukup. Yah kira-kira begitulah penjelasan dari mahasiswa desain si fotografer kelas teri dan jomblo kelas kakap.

Mari kita tes penggunaan flash eksternal!
Nah jadi, gua akan memperagakan penggunaan flash eksternal untuk para pembaca-pembaca sekalian yang kalo misalnya ada yang penasaran dengan sedikit aksesoris fotografi. Enjoy!

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

Bikin muka putih berseri dan model kelilipan dengan nyetel level paling full dari flash eksternal!
Liat tuh kan motret Kopaja ngebut aja ga ngeblur kan? *ga penting*

Yang paling bombastis, liat tuh Renol pipis sembarangan di sebelah kanan...
...dan flash eksternal bisa bikin jidat jenong Cindy bersinar-sinar.

Ubi : Cin', mau liat foto lu ga?
Cindy : UBI BEGOOOOOO!!!!!!! *goncang-goncangin kepala gua*
Renol : HAHAHAHAHAHAHA APAAN NOH JIDAT LO JADI BERSINAR GITU!!! *ngakak mampus*
Cindy : Ubiiiiii!!! :'(
Ubi : *masih ngakak tak tertahankan*
Cindy : Yah gapapalah, itu tandanya otak gua lebih pinter daripada elu, makanya bersinar... *menghibur diri*
Renol : AHAHAHAHAHAHA!!!! *ngakak*
Cindy : APA LO KETAWA-TAWA? RENOL BEGOOOOOOOO!!!! *goncang-goncangin kepala Renol*

Sekarang, kita akan main pake teknik slow motion
Slow motion? Iya... jadi gampangnya, itu teknik fotografi yang bikin benda bergerak perlahan gitu. Kuncinya di sini yah mainin kecepatan buka tirai rana jadi lambat, dan harus pake tripod atau apapun biar ga gerak kameranya jadi hasilnya ga goyang.


Contohnya kayak gini, modelnya diem selama beberapa detik dan mobil-mobil yang lewat hasilnya
jadi kayak gini.

Photobomb!!!! Ini ga pake teknik slow motion kok HAHA.

Susahnya foto malam itu...
Giliran mau foto normal tanpa flash itu, kitanya harus diem lama... karena biar hasil fotonya cahayanya cukup berarti tirai rananya harus dibuka lebih lama. Ternyata diem selama 2 detik itu misalnya goyang dikit malah keliatan hasilnya jadi jelek gitu.


Misalnya begini, goyang kan goyang kan? :(

Giliran kita uda diem semua, Novi malah goyang, kepalanya kayak Cepot gitu.

Sumpeh, ini Renol waktu itu minta dikepret loh, dia malah goyang dombret depan kamera!

Salah satu contoh foto yang sukses ga goyang.

Sebagai kru yang banci foto...
Enak aja cuma modelnya aja yang foto, kita juga dong! Selain Cimeng dan Novi, kebanyakan pada nganggur dan malah sempet-sempetnya bikin video-video gilak nyanyi-nyanyi sambil muter-muter di pinggir trotoar ala "Beauty and a Beat"-nya Justin Bieber, sampe kita semua diketawain bule numpang lewat.

...Tapi sayangnya, memory card-nya Chacha rusak gitu terus file-nya ilang semuaaaa!!! :'(
Jadi ga bisa kasi liat lu pada deh....


Para kru nganggur, minta diselepet mukanya semua.
Pasang muka-belom-makan-3-hari...

Ubi + Jenny.

Ubi + Renol.

Foto sebelom pulang.


Jadi sekian post kali ini, tunggu kelanjutannya kalo gua ga males hahahaha, gua masi harus nyelesein tunggakan setrikaan gua yang uda jadi dua gunungan gara-gara gua UAS. Hiks.


Sekian photoshoot hari pertama!
Jenny, Cimeng, Depe, Ubi, Chacha, Renol, Novi, Cindy.

Hongkong Cafe
Jl. Sunda No. 5
Thamrin, Jakarta.


Photo credit : Chacha.

You Might Also Like

7 comment(s)

  1. huah...jadi kangen masa2 kuliah deh. foto yg cowonya berlutut itu bagus loh... keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi kalo di-zoom ini blur objeknya, jadi sama dosen ditolak mentah-mentah. T3T

      Delete
  2. Kak ubiii nanti di upload di youtube dong hasilnya. Pengen liat X)

    ReplyDelete
  3. Haloh, ini komen perdana gua loh. Um um jadi cuman mau blg saya mau makan um *scrol ke atas dulu, da lupa namanya* spicy salt and pepper chicken rice bowl hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaaaaa hahahaha, tapi itu emang enak. :9

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram