gue jadi korban evakuasi merapi loh pas live-in! *ga penting*

Saturday, November 06, 2010

halo semuanya! semua pasti kangen akyuu *halah*, btw gue baru bisa blogging lagi gara-gara PC gue baru dibenerin dan akhirnya bisa kembali lagi ke rumah. PC gue bobroks-to-the-max, kayaknya kemarin kena virus akut terus akhirnya ga bisa menjalankan tugasnya, terus balik-balik udah diservis sekitar 30-60 menit sekali malah nge-hang gaje terus gue musti pakenya restart terus-terusan... grrrrrrr, yeah better than never.

gue punya tumpukan foto-foto pas live-in dan segudang cerita yang mungkin bakalan lama banget gue ceritanya, jadi gue akan persingkat beberapa bagian yang rada ga penting dan biarkan foto yang bercerita. ;)

SEBELUM LIVE-IN

semua udah seneng banget bisa pergi ngelupain semua tugas di sekolah dan ke tempat lain rame-rame. kita udah dibacain nginep di rumah siapa desa di mana sama siapa. dan kita udah dapet wanti-wanti dari gurunya, harus jaga omongan dan sikap. terus akhirnya udah pada ada yang latian mau ngata-ngatain dalam
bahasa inggris aja biar ga ketauan lah, terus gue juga bingung nanti kalo orang-orang desa ngeliat tingkah laku homo-homoannya ala anak kota gimana wahahahaha. wah banyak banget yang udah kita siapin buat live-in ini.

pas malemnya gue lagi packing sambil chatting sama tika + KS, bokap nanya sama gue
bokap : kamu mau pergi ke mana sih emang live-in nya? *dia belom tau*
gue : ke muntilan, bilangnya sih di surat edaran di deket merapi
bokap : HA YANG BENER? MERAPI KAN LAGI MAU MELETUS DI BERITA!
gue : *kriiik kriiik kriiik mana gue tau, gue jarang nyetel tipi papiiiii*

HARI PERTAMA

disuruh kumpul di sekolah jam 10-an, tapiiiii...... lama banget bisnya baru dateng jam 2-3an gitu!!!! bete bete bete, terus kita pada dibagiin kaos live-in buat identitas gitu. dan buat ngisi waktu kosong kita pada foto-foto gaje.




sekitar jam 3 baru berangkat dari absis, bisnya buat yang berangkat ini dibagi per desa biar gampang dibaginya nanti pas sampe di tempat, gue sama tika duduknya di belakang. kita di bis sempet norak karena bisnya ada WCnya, waktu berangkat sih gue sama sekali ga pake WCnya.



dan ternyata WCnya itu konyol abis, misalnya...
theme song : ....serong kanaaaan, serong kiriiii, main serong a a a a a a .... *lagunya changcuters*

albi : *masuk WC*
bis : *nikung tajam ke kiri*
pintu WC : *terbuka dengan lebarnya*
albi : WEH WEH WEH!! *panik*

kiwi : *gantian masuk WC*
bis : *nikung tajam ke kanan*
pintu WC : *terbuka lagi dengan lebarnya padahal kiwi asik pipis*
kiwi : *panik, terus langsung tutup lagi pintunya*

betapa susahnya orang pipis di WC itu, pipis aja bisa 10 menit, katanya 'nembak'nya susah udah gitu WCnya sempit banget lagi.


sampe akhirnya seharian di bis, malemnya mampir di rumah makan. makan sampe puas deh.



abis makan, kita foto-foto di luar rumah makan, pertama gue mau foto si KS gue suruh dia berdiri di depan cahaya lampu sorot bis. tapi karena kamera gue digicam dan walaupun ada menu macem-macem tapi gue kurang tau musti diapain. pengennya sih bikin siluet si KS tapi ga ngerti.

kiri : KS disorot lampu bis
kanan : KS dibantuin lighting effect dari willy pake senter wahahah!

akhirnya bereksperimen dengan selendang si KS *ga tau sih dia nyolong punya siapa LOL*

pic 1 : bidadari kayangan
pic 2 : si kerudung pink

dan akhirnya pengen nyoba foto yang dapet freeze pas lagi loncat, tapi hasilnya berkata lain dengan DSLRnya tika

kayak abis loncat terus ilang

malem itu perjalanan lanjut lagi, dan akhirnya sampai di tegal terus turun di toilet MURI, yang katanya POM bensin dengan toilet terbanyak se-indonesia. anyway toiletnya SUPER BERSIH! jarang-jarang bisa nemu toilet kayak gitu di indonesia *halah lebai*

dan di situ kan ada minimarket sama kafe, pada banyak yang ngopi, sedangkan gue niatan beli sikat gigi sama odol buat sikat gigi massal di situ bareng tika, fanie, grace. soalnya mulut gue udah bau naga setengah mati gara-gara makan terus kurang minum gara-gara takut pipis... akhirnya malem itu mulut bersih kembali, seger abis!




HARI KEDUA

dari toilet MURI malem itu lanjut jalan lagi, dan ga sampe di situ..... kita sempet transit di tempat jualan wingko babat! walah! padahal udah asik-asik tidur gitu sekitar 2 jam malah bangun lagi, istirahat 1 jam. ga bisa tidur gara-gara banyak anak-anak yang jalan-jalan di bis. dan baru kali ini gue kurang tidur parah, tadinya udah tidur sekitar 1 jam tapi bangun gara-gara kedinginan. ga ada kerjaan nungguin 1 jam, gue foto-foto.



dan jam 1 berangkat dari tempat wingko babat. gue tidur lagi 1 jam, dan akhirnya jam 3 bis berhenti di tanah kosong. semua disuruh turun soalnya kita mau doa rosario di gua maria kembang kerep *ternyata udah sampe ambarawa*, GUBRAK! oh pake doa rosario dulu toh? gue kira tu langsung bablas ke muntilan jadi gue tidurnya langsung nyambung aja gitu kayak sinetron. waktu itu kepala gue udah penat banget.

akhirnya ke gue marianya itu musti pake angkot, ikutan naik angkot gitu dianterin per kloter. angkotnya ngedrift pagi-pagi buta nanjak.

semua : duduk manis di angkot *duduknya pake gula sih, loh?*
abang angkot : semuanya udah yah
semua : udah pak!
*berangkat*
theme song : tokyo drift fast and furious - bayangin aja pokoknya yang ada gamelannya aja, tengteng tengteng teng.... tengteng tengteng teng...
angkot : NGUEEEEEEEEEEEEEENGGGGGGG!!!!!!!!! *ngedrift abis-abisan nanjak gunung*
semua : .............. *hening, takut sama abang angkot*
theme song : tengteng teng teng teng... *bunyi gamelan*
angkot : NGUEEEEEEEEEEEEEEEEEENGGGGGGG!!!!! *asik ngebut*

akhirnya semua anak bayar dua ribu, kalo ga nanti ditabrak abang angkotnya *ga jelas + ga nyambung*

sampe di situ doa rosario *gue udah ga ngantuk tapi kepala gue pening waktu itu* jam 3 pagi.


selese doa rosario, anak-anak boleh jalan-jalan. yah seperti biasa kita sih yang pada pegang kamera foto-foto lagi, lagi dan lagi..

langit ambarawa jam 4 pagi
gue musti setel manual mode biar langitnya bisa velvet, kalo nggak dapetnya gelap

joshua, afgan, mike minta foto :P

iseng bikin foto si cella + john, hasilnya kayak lagi main di dufan

rere, harry, tommy, audrey, KC, mike, tika

merapi from distance
diambil dari depan gua maria kembang kerep ambarawa

jam 7 berangkat ke lereng merapi, terus akhirnya semua udah pada ga sadar ketiduran di bis. weleh leher gue rasanya mau rontok tidur mulu di bis. setengah n
gantuk, pas gue sadar udah jam 8an dan gue udah liat kiri kanan jendela bis udah sawah-sawah, bagus banget! tapi abis itu gue lanjut tidur lagi HAHAHA! setengah 9 sampe di tempat gitu kayak semacam open-pavilion yang namanya 'gubug selo merapi - lor senowo'. ternyata itu gerejanya penduduk setempat gitu.

nah di situ kita dikasih briefing sama tim edukasi live-in, abis itu disuruh naik ke atas cari rumah induk semang masing-masing. kita musti jalan sekitar 700 meter *dan itu pun baru sampe gang pertama yang ada lokasi si induk semang* bawa-bawa tas.



gue dapetnya berdua sama si cella serumah. masuk gang pertama cari yang namanya ibu suliah. waktu itu kebetulan gue nanya rumahnya si ibu yang mana eh ibunya yang gue tanya itu induk semang gue haha. singkat cerita kita disuruh naruh tas di kamar yang udah disediain terus disuruh duduk minum teh manis sama makanin kerupuk ketela. snacknya enak banget dulu pas kecil gue suka makanin kayaknya tapi ga tau namanya.

si ibu itu punya 2 anak, dia lagi gendong yang bayi. bayinya cowo umur setaun tapi badannya kecil gitu kayak umur 6 bulan lucu banget. namanya rosario
(panggilannya rio), kakaknya kelas TK namanya sekar. dan waktu itu sekar baru pulang sekolah, dan katanya buat ke TK aja sekolah musti nempuh berkilo-kilo meter karena sekolahnya lumayan jauh. wow, perasaan gue cuma jalan 15 menit aja naik motor ke sekolah. mereka gimana ya?

terus ada kakek-kakek masuk ke rumah si ibu, terus kenalan sama kita. orangnya baik, panggilnya mbah yoso. itu bapaknya si induk semang.

dan pas gue sama cella keluar rumah, tiba-tiba nengok kiri di rumah sebelah ada olvin sama chelle! eaaa ternyata rumahnya kita sebelah-sebelahan! dan usut punya usut, ternyata mbah yoso punya 2 anak nih, si chelle + olvin itu nempatin rumahnya kakaknya induk semang gue, dan rumahnya si mbah yoso di tengah-tengah rumah mereka (ru
mahnya nyambung). waw asik mainannya sekarang jadi berempat.

dan akhirnya kita ijin main keliling-keliling desa, pertamanya ketemu intan sama tika. kita keliling rumahnya dulu. tika bilang tempat dia kurang enak soalnya tempat tidur single disuruh buat tidur berdua + gelap.

ngeloyor ke jalan ketemu si ando + agus. katanya mereka abis ke sawah bareng induk semang terus kakinya pada digigit pacet. :P

cella, olvin, michelle, audrey, tika, intan
desa kajangkoso, dusun mangunsuko, 8 km dari puncak merapi

tadinya pas gue sama cella disuruh makan siang sama induk semang, ada si joshua + willy yang dateng ke rumah kita.

willy : UBAI! lu di sini 'bai?
gue : iya *asik makan*
joshua : eh lu tau ga induk semang gue asik banget!
gue : emangnya kenapa?
joshua : kayak di rumah sendiri deh, rumahnya tingkat dua, terus abis itu makanannya enak-enak. ada garasi di rumahnya. terus ada motor tiger 2 biji!
gue : SERIUS LU?!!! *kaget*
joshua : serius, ga percaya dateng ke rumah gue
willy : duluan ya 'bai! mau keliling-keliling lagi

nah terus tujuan kita berdelapan selanjutnya ---> me
ncari rumah si joshua + willy di desa grogol! muahahahahah

sambil jalan turunan gitu, banyak petugas pemerintah gitu lagi ngawasin truk-truk, terus aspal diturunin di jalan-jalan bolong. lagi ada pembetulan jalan. katanya pas briefing tadi, salah satu keuntungan erupsi merapi buat orang desa salah s
atunya sih jalannya jadi diperbaiki rutin buat nanti gampang kalo evakuasi. apakah ini pertanda akan ada evakuasi?! gue aja baru tau merapi konon katanya mau meletus...... *efek anak jarang nyetel tipi*

sampe akhirnya kita sampe di rumahnya joshua + willy. wowowow gue mau tinggal di situ dongsss huhuhu. adem banget enak! terus yang cewe-cewe asik ngobrol sama induk semangnya mereka. gue sih foto-foto muahahah.

willy + joshua

abis itu balik lagi ke atas, sambil ngelewatin jalan yang lagi diaspal. si tika + intan ikutan induk semangnya ke sawah. gue dll masih keluyuran ke desa atas.

terus kita nyuci baju bareng di rumahnya tika (yang niatan nyuci sih sebenernya cuma cella sama olvin jadi baju yang lain dicuciin wakakakak!), abis itu ban
tuin induk semangnya tika bikin kue legit. pas lagi di dapur, ada anaknya si induk semang sekitar kelas 2 SD gitu anaknya. lari-lari main sama adiknya, terus masuk dapur.

si anak kecil : *lari-lari terus ngomong sama ibunya pake bahasa jawa*
induk semangnya tika : *ngomong pake bahasa jawa*
si anak kecil : *minum air dari gelas*
si anak kecil : eh mbak... halo... *salaman, terus salim gitu*, namaku didik
gue : halo!
gue : *KAGET! NI BOCAH KOK TANGAN KANAN SALIM TANGAN KIRINYA PEGANG PARANG!!!!!!?????*
si anak kecil : *salimin yang lain* namaku didik, namaku didik... *terus lari lagi main*

woooh ekstriimmm...

kelanjutannya, gue tika cella intan lanjut ngegosip di rumah gue wahahah! sampe sore, udah pada capek abis buslag *biar keren, pinjem istilah jetlag*. tadinya udah pada mau tidur gitu.

intan, tika, audrey, cella

maghrib, si tika + intan pulang ke rumah, gue + cella disuruh makan. selese makan gue + cella lanjut makan lagi ngerebus ramyeon yang gue bawa dari jakarta terus bagi dua hahah! abis itu gosok gigi. nah pas gosok gigi ituuuu.....

gue : *asik gosok gigi*
di luar rumah : *tik tik tik tik tik...*
gue : *ah paling cuma ujan gerimis aja dalem ati*
di luar rumah : *TIK TIK TIK TIK*
gue : *oh hujannya makin deres*
di luar rumah : *TIKTIKTIKTIKTIKTIKTIKTIKTIK!!!!!*
gue : *gue baru nyadar, OH INI MAH UJAN KERIKIL!!!!!!!! langsung gue cepetin gosok giginya*

harusnya jam 7 itu, peserta di desa kajangkoso suruh kumpul di rumah induk semangnya tika. WOOOH!!!! langsung heboh ga tau jadinya gimana gara-gara
hujan kerikil. gue sama cella sebenernya mau siap-siap bawa ini itu ke rumahnya tika.

cella : lu bawa apa aja bi?
gue : hmmm paling yang penting aja hape dompet kamera payung sama senter
cella : oh oke gue juga bawa payung
cella : *buka payung dalem kamar* eh bi! liat deh! abunya masuk ke dalem rumah juga loh, payung gue bunyi 'tiktiktiktik'
gue : dalem ati ---> *cellaaaaaaaa!!!!!! kok cengok bener sih?!!!!!*
cella : 'bi! liat dulu 'bi! *malah cengok di bawah payung*
gue : dalem ati ---> *cellaaaaaaa grrrrr grrrrr ayo cepetan tutup payung! ga penting abis*

singkat cerita gue udah di jalan utama sama 3 temen gue. terus diboncengin naik motor ke gubug merapi. untungnya gue udah bawa barang-barang penting. semua yang udah pada di situ tinggal mikirin gimana sama barang-barang yang belom dibawa. ada yang gara-gara panik ga bawa handphone dompet kamera. kalo gue sih sayang banget gue bawa kaos-kaos kesayangan gue dan ada satu yang belom pernah dipake. sampe ada 2 orang yang cuma bawa handphone dan DSLRnya ketinggalan *nyesek*.

sama guru disuruh kabarin orang tua kalo di sini baik-baik aja.. hmm terus di sini lumayan bisa agak tenang, ada yang rame-rame ngecharge handphone, main kartu, makan snack. yang guru-guru sih pusing sendiri wakakak gara-gara handphonenya bunyi mulu.

bu tiur : haduh ibu pusing handphone bunyi mulu! anak-anak ada yang tau gak WCnya di mana?
gue : itu bu! di tikungan, sayap kanan...
bu tiur : ha? di mana?
gue : itu.. ibu keluar, terus abis itu lewatin anak-anak terus belok deh..
bu tiur : ha?! ibu ga tau! ruby kamu cepetan temenin ibu, ibu kebelet pipis!
gue : males ah bu... gelap :P
bu tiur : *nyeret gue* sini! bawa senter temenin ibu!

*sampe di barisan WC*

bu tiur : awas kamu jangan sampe ninggalin ibu *masuk ke WC*
gue : *aduh malesnyaaa langsung balik lagi ke depan*
jeremy : lu ngapain bi bawa-bawa senter?
gue : disuruh bu tiur nemenin ke WC pake senter
jeremy : WAH? BU TIUR?!!! asik bisa ngerjain bu tiur!!!! *lari ke WC*
jeremy : *depan WC* tiurrrr... tiurrrr... *bikin suara serem*
evan : woi! ngapain lu di situ jer?
jeremy : di sini ada bu tiur!
evan : WAH BU TIUR? ASIK TUH! *ikutan ngibrit*
bu tiur : *ga taunya udah keluar duluan*

bu tiur : ruby... mana tu anak?!!! *grrrrrr*
gue : *kabuuuuur maap yah bu!*

pecahan kerikil dari hujan material segede itu?! astaga..


dan yang bikin resah, sama tim edukasi dibolehin ngambil barang-barang yang ketinggalan di atas. dibagi per desa per kloter pake mobil dan satu rumah cuma boleh diambil sama satu anak. pertama desa grogol dulu, terus yang udah ambil barang ikut angkot lain yang ngungsiin ke tempat yang lebih aman. dan sampai akhirnya nama gue ga d
isebut-sebut. SUKSES GUE IKUT KLOTER TERAKHIR! sama 11 anak lainnya.

udah resah abis-abisan, dari kloter sebelumnya ada YP sama albi. udah sekitar 1 jam mereka ga balik-balik. udah dagdigdug ga jelas aja. lama banget?! mereka kenapa? gimana barang-barang kita?! akhirnya mereka balik pake mobil yang penuh debu. terus kita dibilang kalo tas-tas kita semuanya udah diambil. ternyata mereka ambilin tas-tas ke rumah-rumah satu-satu. wew. semuanya beres. yang ketinggalan sekarang cuma celana jeans item sama handuk gue.

yang cewe akhirnya ikut romo kirjito naik mobil kijang sama mam' yo. yang cowo ikut mobil pick-up dan teduhan pake terpal karena gerimis. ternyata kita d
iungsiinnya lumayan jauh juga, katanya sampe 20 km dari puncak merapi. dan akhirnya kita semua sampe di gereja di desa juwono. disuruh cari tempat buat tidur. dan akhirnya semua ngemper di situ. semua panik udah ilang deh rasanya. -_____-'



di gereja tempat evakuasi kedua


HARI KETIGA

semua udah pada main-main lah, terus udah pada disuruh mandi. WEH GUE GA PUNYA ANDUK WEH! akhirnya gue mandi terus keringan pake kaos bekas gue. -_____-'

air di sono dingin, pas keramas jadi agak susah ngambil napas saking dinginnya.



di sini udah bosen luar binasa gara-gara ga ada kegiatan, gue sempet tidur sekitar 2 jam. tapi bosen buangeeeeeet.... siangnya pada main UNO, dan ada penyusup ternyata di kamar cewe!

siapa lagi kalo bukan si onel?!

gara-gara onel ribut, si mam' yo langsung mergokin onel di kamar cewe
mam' yo : LOH KOK ADA ONEL?! *kaget liat ada lekong di sarang perawan*
onel : eh si mam' hehehe mam' mau ikutan main UNO gak?!
mam' yo : yeeehh kamu keluar mainnya, main kok di kamar cewe?! -____-'

ga ada kerjaan yang lain, liat kelakuan si onel dkk. si onel ngebet nari saman berguru sama si tika. onel jago saman loooh!!!!



taman rumah retretnya dipenuhin abu vulkanik, buat ke tempat makan lewatin taman aja musti pake masker

sorenya kita jalan-jalan ke komplek makam gitu, ke makam romo sanjaya (beato indonesia). abis itu gara-gara dibilang malem itu makannya masih lama padahal gue udah laper, gue sama anak-anak makan bakwan malang di depan sekolah kanisius muntilan.
gue baru merasakan betapa murahnya makanan di sana. cukup dengan 3000 aja makan bisa sampe kenyang.

gue jadi inget kata-kata si evan + joshua pas di jemputan, sebelum berangkat live-in
evan : lu tau ga? harusnya si KH tuh traktiran ulang taun dia di muntilan aja, cukup bawa 50000 aja
joshua : iye tuh makannya bisa nambah sampe muntah kali! 'ayoooo tambah teruuss sampe muntah!'

coba di jakarta makanan enak bisa murah gini. :P

di situ ga terlalu banyak debu karena abis ujan, cuma tetep aja ya
ng namanya udah bawa kamera bawaannya pengen foto-foto, terus keren-kerenan pake masker, sekalian nutupin aib wakakakakk!!


audrey, tika, joshua

hmmm malemnya udah ngantuk malah masih ada acara lagi yang soal ngereview selama kita di sini. mana pegel banget lagi duduknya. kalo ga ada erupsi merapi mustinya malem itu kita abis review langsung disuguhin tarian kesenian gitu dari timnya di gubug selo merapi + ada makan-makan huhuhu. ya udah lah. dan akhirnya kembali tidur rame-rame ngemper kayak ikan asin.


HARI KEEMPAT


hari itu gue mandi dan keringan pake baju bekas lagi *sedih bener lu drey?*, abis itu ada misa, ada sarapan sama foto bareng. abis itu langsung masukin barang ke bis dan akhirnya cabut ke jogja! sebelumnya sisa barang ketinggalan udah dianterin, termasuk celana + handuk gue hahaha!

ga lama sih akhirnya kita sampe juga di candi borobudur, langsung disamperin tukang jualan suvenir waaaaaaaah repot deh, apalagi tika tuh kena musti cepetan kabur pake jurus ninja LOL.

pertamanya keliling pake tour guide, tapi lama-lama misah sendiri buat foto-foto hahah!

KS, audrey, tika, joshua, albert

abis keliling candi, langsung misah lagi ke rombongan yang beda buat belanja, di situ gue belanja rok sama tas. waw gue langsung norak, sebagai anak yang jarang sekali belanja sendiri, gue pegang duit banyak, terus banyak barang yang bisa ditawar, gue mulai kalap. pertamanya gue ga tau standar harga di situ berapa. gue beli rok batik 20 ribu (mahal ga yah?) dan dodolnya.... gue ngomong-ngomong gitu sama pedagang di sana pake logat medok. soalnya katanya kalo keliatan nge-jowo dan apalagi bisa boso jowo bisa dikasih murah. LOL.

kalo ada barang kemahalan, dan ga tau gimana nawarnya, tenang aja.. rombongan gue ada PAK BRAM! MUAHAHAHA! tas 50 ribu ditawar sama dia 25 ribu. wong jogja dia. pas di tempat makan siang, pada banyak yang beli macem-macem + aneh-aneh. misalnya si nicco beli busur + panahnya panjang banget, katanya buat pajangan di rumah. O___o

abis itu 1 jam kemudian ke malioboro, kita dikasih waktu 2 jam buat belanja di malioboro. gue kira malioboro itu adalah pasar, ya kayak di tempat borobudur tadi. dan ternyata gue baru tau kalo malioboro itu nama jalannya doang. dan di sepanjang jalan itu banyak yang buka lapak. ooohh..

KALAP MODE ON! mau ini mau itu terus gue malah kepikiran beli oleh-oleh ini oleh-oleh itu. gue belanjanya berempat bareng gaby, tika + mei. yang pinter nawar di sini si gaby. kita beli baju barong kembaran. wah udah kalap beli gelang beli kalung *maap namanya juga cewe*. tapi pas gue udah kepikiran udah beli semuanya, gue jadi ga mau nambah lagi mau beli apaan. ga kepikiran.

sampai udah sekitar jam setengah 6, kita papasan sama fanie. dia bawa kantong plastik belanjaan buanyak banget! dan ternyata kita nyesel, tau gitu belanjanya bareng fanie. soalnya dia muka tembok abis jadi nawarnya sadis!! kita beli gelang 15 ribu dapet 2 sama dia 10 ribu dapet 4 *sadis abis!*. sampe akhirnya dia bantuin kita nawar.

si gaby mau beli tas kulit vintage dibuka harga 175 ribu, bisa dapet sama fanie dengan gilanya dapet 60 ribu. :P

tapi pas dia mau nawar gelang buat si mei malah diusir, gara-gara yang jual sama-sama ngotot.

dan ketemu lagi afgan, jeremy sama albert. afgan malah heboh beli oleh-oleh dan bukannya beli buat dia sendiri dulu.

afgan : FANIE! bantuin gue cariin tas dong, tawarin!
fanie : tas apaan?!
afgan : TAS BUAT CEWE DAH POKOKNYA 3 BIJI!!!!!
gue : gileeee buat siapa aja gan? adek lu sama mak lu?
afgan : buat temen gueee!!!!!! yang cocok deh buat anak kelas 3 SMP!!!!
tika : woh apgan!

akhirnya udah pegel-pegel belanja jam 6 balik lagi ke bis. dengan hasil belanjaan-belanjaannya. fuaaaaah puas.


dan masih bisa lagi turun di pusat oleh-oleh, pada turun beli bakpia lah. terus gue turun tapi ga kepikiran sih mau beli apa lagi. hahahaha. si tika beli snack lanting gara-gara dia ketagihan makan snack lanting di rumah si induk semangnya joshua + willy.

dan malem itu ga serame malem pas berangkat. semuanya langsung tepar + diem-diem. gue sih duduk sendiri jadi tidurnya bisa enak. cuma pas kebangun pengen pipis leher gue salah posisi jadi pegel banget. terus pas pipis di bis, itu SUSAH ABIS! pipis aja bisa 10 menit kali di bis. waaaahhhh! akhirnya lanjut tidur lagi sampe pagi.

HARI KELIMA

bangun-bangun udah sampe jawa barat. sempet turun bentar di subang. pagi itu kita ga dapet sarapan jadi laper banget! gue ngemil chitato. untung dapet sisa snack yang kemarin dikasih, gue makan 2 kotak. lumayan buat ganjel laper.


semrawut

cella, onel, audrey, gaby, willy
tebak gue pegang apa? ehm itu garukan punggung, si grace yang beli


dan jam setengah 9 sampe di absis lagi! gile capeeeeeeeeeeekkk heeegggg... tapi gue jadi seneng tidur di bis. pulang makan bentar rame-rame ke warteg terus pulang ke rumah nebeng mobilnya si robert hohoho.


hasil belanjaan gue

***

hari jumat kita di jakarta, hari sabtu merapi meletus lagi! dan lebih dahsyat, sampe semuanya musti ngungsi lah dan udah mulai berjatuhan korban wedhus gembel. dan gue denger di berita di magelang, kawasan mangunsuko (tempat gue) itu juga udah kosong dan katanya udah diselimutin debu semuanya sekitar 5 cm.

akhirnya gue sempet kepikiran, gimana keadaan induk semang gue yang anaknya masih kecil-kecil? terus gimana si induk semangnya si willy yang lagi hamil 9 bulan dan tinggal tunggu anaknya lahir? gimana orang-orang di sana? wah semuanya terbesit deh..... udah kayak keluarga sendiri orang-orang di sana. hope the people on there well.

gue belajar makna hidup abis pulang live-in *cailah*

di sini gue sering ngeluh, di sana orang-orangnya jarang mengeluh. terus baik banget lagi semuanya keliling-keliling doang lu bisa kenyang gara-gara disuguhin makan mulu. alamnya juga bagus. gue bisa langsung ngeliat gunung merapi ngeluarin asap. jujur gue pengen ke sana lagi.

gue dan anak angkatan gue dapet pengalaman yang ga bakal dilupain, bisa 'nyicipin' merapi yang lagi batuk dan ada di keadaan yang mengancam ternyata. walaupun orang di situ sebenernya ngeliat hujan kerikil sekalipun santai aja dan malah ngajakin anak asuhnya nontonin hujan abu di luar rumah. orang-orang di situ bilang berita di jakarta tuh lebai banget karena mereka sendiri yang ngalamin. pas lagi hujan kerikil pertama aja banyak yang ga ngungsi dan cukup diam di rumah aja. sekarang udah turun wedhus dan gue khawatir apa mereka masih mau turun? dan emang dari jakarta berita yang gue tonton pun bikin merinding.

dan kata salah satu tim edukasi di sana sempet bilang :: kalo kayak gini, merapi sedang punya gawe (maksud)

maksud apa? entahlah.. bukan merapi yang tahu. tapi Tuhan yang bikin merapi yang tahu.


some photos credit are from facebook.com via:: kamelia kartika, gabriella, grace andrea


You Might Also Like

7 comment(s)

  1. hahaha lu pada pake masker gara2 abu vulkanik. klo gw d sini pake masker gara2 Flu burung ckckck ><

    ReplyDelete
  2. hahaha,,g jadi kangen bangettt ama tempat live in gue...tempat yang sama dengan kalian..

    ReplyDelete
  3. huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa .. bapak ibu gw apa kabarnya skrg?? *sapa dah nama nya, lupa guee*

    ReplyDelete
  4. Ubayy!! Duuh.. T.O.P B.G.T dah blog lw bay! ahaha.. mantebb banget deh,.. keren banget.. pake fto2 semua..!! Mansek bay! nice job! :D

    ReplyDelete
  5. uwaaa.. kayakmya seru banget acatanya.. mpe berhari-hari gitu drey!.

    tapi pengalamaan kaan, kena hujan kerikil. hihihi

    eh, koq borobudurnya masih bersih gitu. kapan fotonyaa??

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram