Experimental Learning 2010

Thursday, June 10, 2010

Sekolah gue bikin event experimental learning buat anak kelas 10 sama kelas 11 dan dijadiin syarat buat pengambilan rapot
Jadi kita kira-kira kayak magang gitu di satu tempat, dan waktunya cuma dua hari. Wewewewew pertama-tama kita semua pada cengok kok anak belom lulus sma begini disuruh magang? Tenonenonenonet.. Terus katanya sekolah nanti bakal dikasih surat keterangan gitu dari sekolah.

Terus pas lagi briefing di aula, si Pak Sukris juga ngomong, “Kalo bisa.. Kamu cari di perusahaan yang ternama, biar kalo kamu bikin CV pas buat kerja, kamu paling nggak bisa nambah-nambahin dari studi mandiri ini.'

Nah karena ga tau apa-apa dan belom pengalaman + kemakan nih omongan, akhirnya hampir semua anak berniat buat cari-cari ke cafe-cafe ternama.. Gue pertama tau dari Twitter, lagi mention-mentionan sama Afgan. Dia bilang pas dia siang lagi ke puri dia liat anak kelas 11 lagi tanya-tanya sama karyawan di JCo Puri.

Terus sempet gue ke Central Park lagi mau makan JCool sama si K, eh ketemu temen kelas sebelah, si Shindy + Prisil (mereka satu grup magang). Mereka tanya-tanya karyawan JCo sono, terus gue tanya-tanya. Mereka ga diterima, soalnya JCo belum ada program magang begini apalagi cuma 2 hari + musti tanya ke pusat. Jejejejeng.. Dan banyak gue liat anak kelas 11 yang pada di CP nyari-nyari tempat magang.

Singkat cerita, banyak temen-temen gue udah dapet tempat, yang paling geger sih di kelas gue pertamanya.. Si Fanie + Sasa dapet jadi waitress di Bakmi GM Puri Mall, yang lebih heboh lagi Sela + Fiola diterima jadi penjual + ngerobekin tiket di XXI Taman Anggrek, wedeh! Dan banyak juga temen-temen gue dapet di tempat yang bagus, misalnya si Ando + Evan dapet di kantor Departemen Migas Kuningan, Afgan + Jeremy di Indomobil Daan Mogot.

Gue sempet bingung mau di mana magangnya.. Dan akhirnya *cerita dipersingkat* engingeng, gue sama Meilisa (temen satu grup gue) magang di International Student Service alias ISS.


ISS apaan sih?
Tempat gue magang ini konsultan pendidikan ke luar negeri, jadinya kalo mau sekolah ke luar negeri daripada bingung + ga ngerti apa-apa ngurusin buat sekolah di luar negeri mendingan minta sama kantor konsultan begini. Nanti bisa tanya-tanya dulu, kalo udah oke bisa minta jasanya buat ngurusin semuanya, jadi kita tinggal tunggu jadi aja.. (enak kan ga usah repot). Terus biasanya kantor konsultan begini juga buka kelas buat TOEFL / IELTS preparation buat ningkatin kemampuan Bahasa Inggris, jadi kan kalo ke luar negeri pasti kalo ga diminta nilai TOEFL yah IELTS, sebelum tes begituan bisa ngeles dulu jadi nilainya bisa lebih meningkat + lolos kualifikasi yang diminta. Ya begitulah kantornya. :p

Dan setelah gua sadari, temen-temen gua bisa dapet tempat-tempat kece kayak gitu, semuanya karena koneksi! Makanya….. gua juga HAHA. Karena ISS ini punya om gua. :p


Hari pertama
Penanggungjawab kita berdua namanya Tante Elsye. Hari pertama kita diajarin Tante Elsye buat isi formulir pendaftaran ke universitas luar negeri. Gue sama sekali ga tau apa-apa hahahaha. Jadi diajarin ini isinya apa itu isinya apa. Terus ada 9 formulir yang harus diisi gue sama Mei selama jam magang (jam gue dari jam 9-4 sore). Formulir yang kita isi ini ada 3 orang dari satu perusahaan asuransi dapet beasiswa gitu buat ngedalamin ilmu buat dipake lagi di perusahaannya, satu orang disuruh daftar 3 universitas.

Dan setiap orang punya satu map isinya dokumen-dokumen tebel semua buat sumber data ngisi-ngisi formulir, sempet pusing juga.. Padahal ngisinya juga gampang-gampang aja. Misalnya..

Akhirnya jatah gue ngisinya 6 formulir, sedangkan si Mei 3 formulir karena dia sibuk nebelin ulang formulir yang dia isi, pertamanya kan kita isi pake pensil dulu, terus kalo udah dikoreksi ditebelin pake bolpen (lama lhoo.. Sampe jam break time hahaha). Dia pake bolpen g-pen yang ujungnya runcing, Tante Elsye suruh tebelin lagi soalnya takut ga kebaca pas discan ke Uni-nya nanti malah direject.


Mei.



The day's lessons :
  1. Gue jadi tau gimana bentuk formulir-formulir pendaftaran universitas di luar negeri (yang gue isi uni-nya di UK semua)
  2. Isi formulirnya harus tintanya tebel! *kalo ga bahaya, di-scan ga kebaca nanti direject*



Hari kedua
Kita disuruh Tante Elsye input data gitu, data exhibition. Gue pake laptop, Mei pake PC. Gue bisa nebeng online eh PC-nya mei malah ga bisa.. Jadi sambil input data kalo bosen gue buka Twitter wakakakakk!!!!! Tapi gue agak susah kalo mau input nomor handphone, pertamanya kan gue ga tau gimana cara ubah typing style-nya buat jadi deretan angka yang kayak handphone (3 x 4). Jadi gue insertnya manual gitu, ketik pake deretan angka yang di atas berjejer horisontal. Terus akhirnya gue baru tau cara ngubahnya pake fn + f11. Jadi langsung cepet. Itu juga ngisinya lamaaaaaa banget, seharian magang jatah gue baru selese. *gubrak*


Ubi + Mei.

Akhirnya, sisa waktunya kita pake buat ngisi buku laporan gitu.. Gue kasih laptopnya ke Mei buat dia online, pas dia lagi buka Facebook, tiba-tiba bosnya alias om gua jalan terus liatin laptop dari belakang..

Si bos : Kamu kok trainee malah facebook-an? *bingung*
Mei : *nah lho nah lho mati gaya lo wakakakakaka!!!!*
Gue : Udah selese kok kerjanya..
Tante Elsye : Itu mereka udah pada selese kok, jadi mereka boleh bebas..
Si bos : oh...
Mei : *mati kutu diem-diem aja*

HAHAH mati gaya, aduh.. :’)

Setiap anak dibagiin buku laporan gitu yang musti diisi, ada pertanyaan-pertanyaan yang musti dijawab, kayak persiapan kerjanya, jadwal magangnya gimana, refleksinya dsb dan juga musti pake foto. Terus ada lembar yang musti diisi si penanggungjawab pake tandatangan + stempel *kalo ada*

Dan akhirnya magang selese!!!! :D

Pengumpulan
Hari ini bukunya dikumpulin ke wali kelas, gue liat foto-foto temen-temen gue buku laporannya.. Seru banget, liatin bukunya Fanie ada foto-foto jadi waitress di bakmi gm, Tika lagi narsis sama Cella di depan tempat catering terus ditempel di buku fotonya wakakakakak! Ada lagi fotonya si ando lagi ngetik depan komputer tapi ternyata kata dia, dia sebenernya lagi main Point Blank. Foto si Sela sama Fiola pake baju mbak-mbak XXI yang terusan item lagi di loket karcis, Jeremy lagi pose di depan indomobil pake seragam dll.. Banyak banget deh. Seru-seru fotonya.

Pak Sukris pas liat foto-foto di buku laporan gue..
Pak Sukris : Wah ini siapa nih? Cakep!!!! *liat foto si Tante Elsye hahahahahahhhh!!!!!*


Dan mungkin tahun depan dan seterusnya bakal ada lagi experimental learning kayak gini buat ambil rapot, jadi kelas 11 gue kena lagi beginian.. Taun depan di mana ya?

You Might Also Like

2 comment(s)

  1. ah andai jaman gw dulu ada magang" bgituuu .. pengennn .. hiks

    ReplyDelete
  2. @ vero : gue kira itu sedari dahulu, huakakakaka.. ternyata baru taun ini. XD

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram